SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat

Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia 53352


Latest Updates

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2015-11-18

Subhanallah... Warna-warna yang sangat indah di alam...

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2015-11-17

Ayah Bunda, Mulai sekarang hargailah dan sayangilah putra-putri Anda walaupun sekadar dengan kata-kata yang baik seperti Anda menghargai orang lain. Seperti kalimat nasihat di banyak tempat: "Lidah itu memang tidak bertulang, Tapi ia cukup kuat untuk meremukkan hati. Jadi berhati-hatilah dengan kata-kata Anda." Semoga Allah selalu memberi kita hidayah dan taufiq.

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2015-10-03

Ayah Bunda, tahukah Anda...? Dengan membubuhkan gula pada sebuah luka dapat membantu hentikan keluarnya darah dan mempercepat proses pemulihan, insya Allah...

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2015-10-03

HATI-HATI DARI BAHAYA HABIS MAKAN LANGSUNG MANDI Ayah Bunda, Perlu diketahui dalam mengisi perut alias makan, ada tata cara yang perlu diperhatikan. Diantaranya jika seseorang langsung mandi setelah makan, maka akan bisa memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Hal itu karena dari berbagai alasan pun bisa dipastikan, bahwa mengkonsumsi makanan kemudian langsung mandi akan berpengaruh sekali pada kinerja organ yang ada dalam tubuh. Tentunya hal demikian akan memberikan efek berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Sebenarnya mengkonsumsi makanan ini, pastinya hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika diselingi dengan mandi setelah makan, Tentunya akan berbalik arah pada kondisi yang tidak baik bagi tubuh. Lantas, mengapa bisa sampai demikian….? Hal itu karena ketika seseorang usai mengkonsumsi makanan, maka suhu tubuh pun akan meningkat. Sehingga jika setelah mengkonsumsi makanan langung mandi, maka kondisi pada suhu tubuh akan turun secara tiba-tiba. Dan dari situ akan menyebabkan volume aliran darah pada saluran lambung dan usus menjadi berkurang. Kemudian apa dampaknya….?, Hal tersebut bisa berdampak pada fungsi lambung yang melemah, bahkan sistem pencernaan dalam tubuh bisa terganggu. Di saat tubuh sedang melakukan proses metabolisme, maka tubuh pun akan menyerap, mengolah, dan mengalirkan beberapa zat makanan ke seluruh organ tubuh. Sehingga suhu dalam tubuh pun juga akan meningkat tajam. Di mana biasanya tubuh juga sering merasa gerah dan berkeringat seusai mengkonsumsi makanan. Yang mana suhu tubuh ini bisa meningkat karena aliran darah dalam tubuh lebih cepat. Sehingga jika tubuh dalam kondisi yang seperti itu langsung saja disiram dengan air atau mandi, maka hal demikian akan memberi kejutan di area permukaan tubuh anda. Di mana saraf-saraf di kulit dan aliran darah secara tiba-tiba menjadi dingin. Dari situ dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan permanen pada pembuluh darah jika kebiasaan langsung mandi setelah makan ini sering terulang. Selain itu, kasus yang seperti ini akan menjadi cikal bakal dari timbulnya stroke atau penyumbatan pada aliran darah dalam tubuh.Tidak hanya itu saja, yang mana saat setelah makan, Maka darah dalam tubuh akan berkumpul dalam sistem pencernaan. Dan jika di saat itu anda langsung mandi, maka pembuluh darah yang ada dalam tubuh akan mengembang. Sehingga dari situ akan membuat darah mengulang kembali fungsi kerjanya. Dengan adanya hal tersebut, maka bisa menjadikan sirkulasi darah dalam sistem pencernaan mengalami gangguan. Nah, oleh sebab itu setelah kita makan, Hendaknya kita jangan langsung mandi. Tunggulah minimal 30 menit setelah makan, baru kita bisa mandi. Sehingga dengan begitu, Tubuh kita bisa menjalankan fungsi kerjanya dengan baik dan maksimal. Semoga bermanfaat untuk Ayah Bunda sekeluarga.

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2015-06-27

Alhamdulillah... Ayah Bunda, bagaimana kabarnya? Sehat-sehatkah Ayah Bunda sekeluarga? Semoga Allah selalu memberi hidayah, taufiq, dan kesehatan pada Ayah Bunda sekeluarga. Ini saya ingin bagi-bagi info resep "tambal ginjal yang bocor". Semoga bermanfaat... http://resepobatmahal.com/obat-herbal/tapak-liman-untuk-tambal-ginjal-yang-bocor/

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2015-06-25

Assalamu'alaikum... Bagaimana kabarnya Ayah Bunda, semoga Allah selalu memberi rahmat dan hidayah bagi Ayah dan Bunda... Ini ada ilmu lagi tentang resep alami melawan penyakit tifus / tipes dan disentri. Hati-hati ya Ayah Bunda, penyakit ini tidak menyerang anak-anak saja, tetapi bisa juga pada orang dewasa. Semoga bermanfaat bagi Ayah dan Bunda sekeluarga... http://resepobatmahal.com/obat-herbal/daun-kayu-manis-musuh-bakteri-tifus/

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2015-06-23

BUNDA MENYUSUI JUGA BERPUASA ? Ayah Bunda, Bunda yang sedang menyusui bisa saja ikut berpuasa. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kebutuhan bayi tetap tercukupi dan Bunda pun tetap nyaman berpuasa yaitu: • Puasa sebaiknya dilakukan ketika bayi sudah berumur 6 bulan saat dia sudah tidak lagi mendapat ASI eksklusif. Namun coba konsultasikan pada dokter, bila Bunda ingin berpuasa sementara bayi masih berusia di bawah 6 bulan. Selama bayi nyaman, kebutuhan makanannya tercukupi dan berat badannya berkembang sesuai dengan usianya, puasa sebenarnya boleh saja • Pastikan Bunda makan tiga kali sehari, yaitu saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Ibu menyusui perlu mengonsumsi 50% karbohidrat, 30% protein, 20% lemak tiap kali makan, untuk hasilkan ASI berkualitas • Saat berpuasa Bunda akan lemas setelah menyusui. Istirahat sejenak akan mengembalikan energi. Selain itu istirahat juga akan mengembalikan kondisi psikologis Bunda sehingga produksi ASI tetap lancar • Saat berpuasa, cairan tubuh berkurang 2-3%. Banyak minum air putih saat berbuka dan sahur • Jika sudah tidak kuat, segera hentikan puasanya dan jangan dipaksakan ya Bunda...

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2015-06-22

Hanya karena sesuatu itu sekarang tidak terjadi, bukan berarti hal itu tidak akan pernah terjadi. Hanya saja hal itu artinya BELUM terjadi.

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2015-06-22

Bismillahirrahmanirrahim... DOA YANG MUSTAJAB Rasulullah shollallohu'alaihi wa sallam sudah memberitahu pada kita ilmu tentang waktu-waktu doa yang mustajab (mudah dikabulkan oleh Allah). Kita dapat mempelajarinya pada Hadits-Hadits beliau yang derajatnya shahih. Berikut ini pengalaman dari seorang rekan bernama Ibrahim Vatih. "Saya sama istri selalu bikin target tahunan. Target yang tujuannya jelas dan rinci. Jumlahnya ngga banyak, kadang 3 atau 4. Semacam milestone. Dalam prosesnya, ikhtiar yang kami lakukan disertai dengan do'a pada waktu-waktu khusus, mengulangnya terus-menerus, disertai usaha yang mengarah ke sana. Alhamdulillah kemudahan menyertai dalam proses sampai akhirnya sebagian terwujud di tahun tersebut atau 'terlambat' dari yang kami tulis. Kadang, hanya dengan do'a saja (tanpa usaha yang maksimal, atau usaha tapi dengan cara yang kurang tepat), keinginan dan tujuan kita bisa tercapai dengan cara-cara yang tidak diduga. Apalagi jika tujuan itu manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak orang. Pernah dalam sebuah kajian, Abah saya ditanya oleh seseorang, "Bagaimana cara mendidik anak-anak kita agar sholeh-sholehah? Sedangkan kita tinggal di pelosok. Berbeda dengan mereka yang tinggal di kota besar yang dengan mudah datang ke seminar atau komunitas." Abah saya berpikir sejenak, kemudian menjawab, "Cukup dengan do'a dan sujud yang tidak pernah putus di sepertiga malam, insya Allah bisa mengantarkan anak-anak kita menjadi generasi yang sholeh dan sholehah." " Allahu a'lam. Allah Yang Lebih Mengetahui... Klik "Like" dan katakan "Aamiin".

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2015-04-04

ANAK 6 TAHUN BICARA TENTANG ISTRINYA Subhanallah... Ayah Bunda, Keponakan saya yg umurnya masih sekitar 6 tahunan sudah ngomongin istri ??! Sepupu saya menceritakan anaknya. Kira-kira begini, bunda dari anak ini setiap hari sibuk dan memikirkan banyak hal ini itu sehingga tidak bisa antar jemput anaknya, yg melakukan antar jemput adalah ayahnya. Suatu hari si anak nyeletuk, "makanya bunda beli mobil supaya bisa antar-jemput aku." Bundanya bilang, "ya nanti kalo Nanda udah bisa beli mobil gantian antar jemput Bunda ya." Si Nanda menjawab, "ya nggak dong. Bunda kan naik mobil Ayah, kalo aku nanti nyetir mobil ya sama istri Nanda. Masing-masing gitu..." Hehehe... dari mana anak-anak punya kata-kata yg tidak terduga seperti itu ya? Tentu dari lingkungan sekitarnya. Kalau lingkungan sekitarnya baik-baik, insya Allah dia akan "ketularan" baik-baik, kalau lingkungannya jelek-jelek, sangat dimungkinkan dia akan tertular yg buruk-buruk. Na'udzubillah... semoga Allah senantiasa melindungi kita dan keluarga kita. [Nauli - SheHEART]

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2014-10-23

MASING-MASING ANAK BISA MENJAWAB KREATIF dan LUCU Ayah Bunda, Ini ada cerita pengalaman nyata tentang anak-anak kita. Ini membuktikan bahwa masing-masing anak itu punya bakat yang berbeda-beda dan kreativitas yang berbeda-beda. Kalo dari sudut pandang matematika bisa jadi jawabannya salah. Tapi kalo dari sudut pandang kreativitas dan sopan santun (akhlak memaafkan) bisa jadi benar dan mengundang gelak tawa. Kira-kira begini dialog dari Bude saya kepada anak angkatnya yg saat itu masih kecil. Bude (B) : Tujuh dikali tujuh sama dengan berapa? Anak angkat (AA) : Empat puluh delapan. (B) : Salah. Yang benar empat puluh sembilan. (AA) : Ya gak apa-apa Bun... Kan cuma beda dikit Bun. Cuma kurang satu aja kok. Hehehe.... Anak-anak memang kreatif di bidangnya masing-masing. Gimana pengalaman-pengalaman lucu dari anak Bunda? Nauli Samosir [ SheHEART ]

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2014-10-23

Ayah Bunda, Dari cara bicara kepada anak di bawah ini, manakah yang lebih bisa memacu semangat anak supaya lebih tekun belajar: 1. "Mama gak suka kamu kayak gitu. Mama jewer kamu nanti." 2. "Nih anak gak ngerti-ngerti sih, dasar bodoh kamu." 3. "Nak, Mama lihat kamu udah berusaha. Bagus itu. Tapi harus diperbaiki supaya hasilnya benar."

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2014-10-22

MENGOBATI PENYAKIT 'AIN PADA ANAK ================== Pengertian Penyakit ‘Ain ================== Ayah Bunda, Penyakit ‘ain adalah penyakit baik pada badan maupun jiwa yang disebabkan oleh pandangan mata orang yang dengki ataupun takjub. Sehingga dimanfaatkan oleh setan dan bisa menimbulkan bahaya bagi orang yang terkena. Ibnul Atsir rahimahullah berkata, يقال: أصَابَت فُلاناً عيْنٌ إذا نَظر إليه عَدُوّ أو حَسُود فأثَّرتْ فيه فمَرِض بِسَببها “Dikatakan bahwa Fulan terkena ‘Ain, yaitu apabila musuh atau orang-orang dengki memandangnya lalu pandangan itu mempengaruhinya hingga menyebabkannya jatuh sakit.” [An-Nihayah 3/332] Sekilas ini terkesan mengada-ada atau sulit diterima oleh akal, akan tetapi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan bahwa ‘ain adalah nyata dan ada. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, العين حقُُّ ولو كان شيء سابق القدر لسبقته العين “Pengaruh ‘ain itu benar-benar ada, seandainya ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, ‘ain-lah yang dapat melakukannya.” [HR. Muslim] ================================== Penyakit ‘Ain dapat Mengenai Anak-Anak ================================== Anak dan bayi bisa terkena ‘ain, apalagi anak-anak dan bayi terkadang menggemaskan dan lucu sehingga banyak yang kagum dan ia lupa membaca doa ketika kagum. Maka anak bisa terkena ‘ain. Gejalanya bisa berupa anak menangis terus-menerus tanpa henti, kemudian tidak mau menyusui tanpa sebab yang jelas dan ini terjadi tidak seperti biasanya. Sebagaimana hadits. Aisyah radhiyallahu 'anha berkata, عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ دَخَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَمِعَ صَوْتَ صَبِيٍّ يَبْكِي فَقَالَ مَا لِصَبِيِّكُمْ هَذَا يَبْكِي فَهَلَّا اسْتَرْقَيْتُمْ لَهُ مِنْ الْعَيْنِ “Suatu ketika Nabi masuk (rumahnya) kemudian mendengar bayi sedang menangis .Beliau berkata, ”Mengapa bayi kalian menangis? Mengapa tidak kalian bacakan ruqyah-ruqyah (membacakan Al-Quran dan doa-doa syar'i, supaya sembuh) dari penyakit ‘ain?)” [Shahihul Jami’ 988 no.5662] Bisa juga gejalanya bayi menjadi sangat kurus kering, عَنْ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ رَخَّصَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِآلِ حَزْمٍ فِي رُقْيَةِ الْحَيَّةِ وَقَالَ لِأَسْمَاءَ بِنْتِ عُمَيْسٍ مَا لِي أَرَى أَجْسَامَ بَنِي أَخِي ضَارِعَةً تُصِيبُهُمْ الْحَاجَةُ قَالَتْ لَا وَلَكِنْ الْعَيْنُ تُسْرِعُ إِلَيْهِمْ قَالَ ارْقِيهِمْ Dari Jabir radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallalahu 'alaihi wa sallam memberi rukhshoh (keringanan) bagi anak-anak Ja’far memakai bacaan ruqyah dari sengatan ular. Beliau berkata kepada Asma’ binti Umais, ”Mengapa aku lihat badan anak-anak saudaraku ini kurus kering? Apakah mereka kelaparan?” Asma’ menjawab : “tidak, akan tetapi mereka tertimpa ‘ain.” Kata beliau,”Kalau begitu bacakan ruqyah bagi mereka!” [HR. Muslim, Ahmad dan Baihaqi] ============================================== Bagaimana Cara Mencegah dan Mengobati ‘Ain pada Anak ============================================== 1.) Sering-sering membacakan doa perlindungan kepada anak ketika anda bersama anak anda. Doa tersebut adalah أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ “Aku berlindung kepada Allah untuk kalian berdua dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari segala syaitan, binatang yang berbisa dan pandangan mata yang jahat.” [HR. Abu Daud] 2.) Jangan terlalu sering menceritakan atau membangga-banggakan anak kita pada orang lain. 3.) Jika sudah terkena maka bisa menempuh cara berikut: (#) Jika orang (penyebab) yang mengenai ‘ain sudah diketahui Maka ia diminta untuk mandi atau berwudhu, kemudian air bekas orang tadi digunakan untuk mandi/disiram atau di basuh pada orang yang terkena ‘ain. Sebagaimana dalam kisah hadits mengenai Sahl bin Hunaif yang terkena ‘ain maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada pelakunya, أغتسل له فغسل وجهه ويديه ومرفقيه وركبتيه وأطراف رجليه وداخلة إزاره في قدح ثم صب ذلك الماء عليه يصبه رجل على رأسه وظهره من خلفه ثم يكفئ القدح وراءه ففعل به ذلك فراح سهل مع الناس ليس به بأس “Mandilah untuknya!”. Kemudian ‘Amir mencuci mukanya, kedua tangannya, kedua sikunya, kedua lututnya, jari-jari kedua kakinya, dan bagian dalam kainnya di dalam bejana. Kemudian (air bekas mandi itu) disiramkan kepada Sahl oleh seseorang ke kepalanya dan punggungnya dari arah belakangnya. Kemudian bejana terebut ditumpahkan isinya di belakangnya. Maka setelah hal itu dilakukan, Sahl kembali bersama orang-orang dalam keadaan tidak kurang suatu apa (dengan izin Allah sehat kembali).” [HR. Ahmad, shahih] Bisa juga dengan wudhu, jika pelakunya tidak memungkinkan mandi, Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha ia berkata, عن عائشة رضى الله تعالى عنها قالت كان يؤمر العائن فيتوضأ ثم يغتسل منه المعين “Orang yang melakukan (menjadi sebab) ‘ain diperintahkan agar berwudhu kemudian orang yang terkena ‘Ain mandi dari air (bekas wudhu tadi).” [HR. Abu Dawud, shahih] (#) Menaruh tangan ke atas kepala penderita ‘ain kemudian membaca doa: بِسْمِ اللهِ أَرْقِيْكَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ يُؤْذِيْكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنٍ حَاسِدٍ اللهُ يَشْفِيْكَ بِسْمِ اللهِ أَرْقِيْكَ “Dengan nama Allah, aku meruqyahmu dari setiap sesuatu yang menyakitimu dab dari kejelekan setiap jiwa atau mata yang dengki. Allah-lah yang menyembuhkanmu. Dengan nama Allah aku meruqyahmu.” [HR. Muslim no. 2186] Atau doa berikut: بِسْمِ اللهِ يُبْرِيْكَ وَمِنْ كُلِّ دَاءٍ يَشْفِيْكَ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ وَمِنْ شَرِّ ذِيْ عَيْنٍ “Dengan nama Allah, semoga Dia membebaskanmu, dari setiap penyakit, semoga Dia akan menyembuhkanmu, melindungimu dari kejahatan orang dengki jika dia mendengki dan dari kejahatan setiap orang yang mempunyai ‘ain (pandangan mata dengki).” [HR. Muslim no 2185] (##) Meruqyah dengan membaca surat Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Naas, dan doa-doa shahih yang lainnya (yang berasal dari Al-Quran dan Hadits Shahih) Demikian pembahasan ini, semoga bermanfaat. Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush shalihaat... Wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam.

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2014-10-22

HERBAL ANTI DEMAM & ANTI THYPUS untuk ANAK di atas 2 tahun serta DEWASA Ayah Bunda, Tentu kita tidak senang jika sakit menghabiskan dana jutaan rupiah karena perawatan rumah sakit atau biaya yg mahal. Waspada di saat-saat musim peralihan ini. Solusinya pola makan teratur, gizi yg baik, istirahat/tidur cukup, dan gerak badan teratur dapat mengurangi resiko dan menghemat waktu serta uang jauh lebih banyak. Selain itu pencegahan dan pengobatan herbal alami insya Allah dapat membangun daya tahan tubuh dengan lebih baik. HIU THYPUCARE adalah pengobatan alami untuk demam serta thypus (tipes) yang AMAN *Terdaftar secara resmi di POM (nomor POM TR 143 375 941) *Terdaftar secara resmi di LPPOM MUI untuk sertifikat cangkang kapsul halal Insya Allah berkhasiat: - Mengatasi tipes dan gejalanya - Meredakan demam dan pusing - Meredakan rasa sakit di persendian - Mengembalikan nafsu makan - Mengembalikan stamina HIU THYPUCARE adalah formulasi 100% alami dari tanaman obat. Perpaduan sinergi dari beberapa herbal seperti ekstrak Andrographis paniculata herba (sambiloto), ekstrak Curcuma xanthorrhiza rhizoma (temulawak), patikan kebo, dan bahan alami berkhasiat lainnya. Isi: 60 kapsul Harga pulau Jawa: Rp 50.000 Harga luar pulau Jawa: Rp 55.000 Anda dapat menghubungi : Bpk. Nauli Samosir Alamat : Mangunegara Mrebet kab.Purbalingga Jawa Tengah Telp/SMS : 082225 128812 (Telkomsel)

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2014-10-22

Pengobatan Herbal Alami untuk Demam dan Thypus (Tipes) bagi Anak dan Dewasa

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2014-10-21

Ayah Bunda, Para dokter mengatakan bahwa jika dalam kondisi sehat tapi anak (khususnya bayi dan balita) susah makan sesuai waktunya, maka dia jangan dipaksa. Tunggu saatnya dia lapar hingga akhirnya dia minta makan. Tidak boleh pula saat jadwalnya dia makan menunya diganti dengan makanan lain seperti makanan ringan (snack/kudapan), susu, atau makanan lainnya yg membuat anak menunda rasa lapar. Ini juga akan semakin membuat anak susah makan makanan utama (bubur, nasi, sayuran, buah, dan semacamnya). Banyak contoh di mana seseorang yg tadinya tidak suka makan jenis makanan tertentu lalu karena dia lapar dan terpaksa tidak ada makanan lain yg dia makan -- kecuali sesuatu yg tadinya dia tidak suka, setelah itu jadi suka karena terbiasa makan di saat lapar, dan itu memang nikmat. PERINGATAN bagi para Orang Tua: Untuk bayi dan balita hati-hatilah dalam memperkenalkan makanan baru pada anak. Jangan sampai ada makanan yg mengandung perasa buatan atau kimia seperti MSG (monosodium glutamat) yg ada dalam snack, biskuit pabrik yg mengandung perasa buatan, gorengan, jajanan-jajanan pinggir jalan, dan semacamnya. Biasanya dapat dikenali dari rasanya yg gurih-gurih, atau kue-kue yg banyak pemanisnya. Anak bisa ketagihan dan cenderung benci makanan sehat seperti buah dan sayuran. Akan tetapi perkenalkanlah makanan-makanan sehat untuk cemilannya seperti buah-buahan alami (bukan kemasan kaleng), jus dengan campuran madu sekadarnya (tidak terlalu manis), dan semacamnya. Diharapkan anak akan terbiasa dan doyan dengan makanan-makanan sehat, dan tumbuh dengan sehat pula. Dan lebih penting lagi orang tua harus menjadi contoh yg pertama dalam makan makanan sehat sehingga si anak mengikuti orang tuanya. [ SheHEART ]

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2014-10-21

NASIHAT UTAMA UNTUK ANANDA Ayah Bunda, Di dalam Al-Quran Allah kisahkan nasihat Luqman kepada anaknya. Salah satunya berbunyi, يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman yang besar”.(QS. Luqman: 13) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri telah memberikan contoh penanaman aqidah yang kokoh ini ketika beliau mengajari anak paman beliau, Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Imam At-Tirmidzi dengan sanad yang hasan. Ibnu Abbas bercerita, “Pada suatu hari aku pernah berboncengan di belakang Nabi (di atas kendaraan), beliau berkata kepadaku: “Wahai Nak, aku akan mengajari engkau beberapa kalimat: Jagalah (agama) Allah, niscaya Allah akan menjagamu. Jagalah Allah, niscaya engkau akan dapati Allah di hadapanmu. Jika engkau memohon, mohonlah kepada Allah. Jika engkau meminta tolong, minta tolonglah hanya kepada Allah. Ketahuilah. kalaupun seluruh umat (jin dan manusia) berkumpul untuk memberikan satu pemberian yang bermanfaat kepadamu, tidak akan bermanfaat hal itu bagimu, kecuali jika itu telah ditetapkan Allah (akan bermanfaat bagimu). Ketahuilah. kalaupun semua umat (jin dan manusia) berkumpul untuk mencelakakan kamu, tidak akan mampu mencelakakanmu sedikitpun, kecuali jika itu telah ditetapkan Allah (akan sampai dan mencelakakanmu). Pena telah diangkat, dan telah kering lembaran-lembaran”. Perkara-perkara yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Ibnu Abbas di atas adalah perkara Tauhid. [ SheHEART ]

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2014-10-18

JANGAN MERENDAHKAN ATAU MEMBANDING-BANDINGKAN SALAH SATU ANAK KITA Ayah Bunda, Seringkali anak kita bisa menjawab sesuatu yg ada di luar pemikiran kita dan tidak disangka-sangka. Ini menunjukkan bahwa manusia sejak kecil diberi oleh Allah kemampuan berpikir yg luar biasa. Dengan bimbingan Ayah Bunda baik dan benar, insya Allah setahap demi setahap anak kita bisa jauh lebih maju dalam memecahkan masalahnya sendiri dibanding orang tuanya. Sehingga anak tumbuh mandiri percaya diri, tidak menjadi anak manja atau anak yg penakut. Namun sayangnya perkembangan akal pikiran anak sering terhambat oleh lingkungannya sendiri. Contoh terlalu sering dibentak atau dimarahi membuat seorang anak takut, malas, dan berhenti mencoba. Lingkungan sekolah yang terlalu banyak teori (tidak diiringi turun langsung ke lapangan), dan/atau guru yg kadang galak sering membuat anak takut atau malas menekuni ilmu yg ada di luar buku pelajaran, atau sebaliknya malah membuat anak berjiwa pemberontak. Na'udzubillah... Adakalanya kita sebagai orang tua lupa bahwa setiap anak sama seperti manusia dewasa yg lain, punya sifat dan bakat masing-masing yg itu berbeda-beda. Maka tidak sepatutnya kita sebagai orang tua meremehkan salah satu anak dibandingkan anak kita yg lain. Atau sebaliknya lebih menyayangi salah satunya daripada yg lain. Jangan kita membanding-bandingkan salah satu anak dibandingkan anak kita yang lain. Hendaknya setiap anak dihargai dan dididik tapi dengan caranya masing-masing tidak dibanding-bandingkan dengan yang lain. Jangan seperti ini, "Tuh kakak kan pintar, rajin, sedangkan kamu adik yg malas, bodoh..." Jangan lakukan ini. Ini akan membuat sifat anak yg direndahkan tumbuh menjadi anak yg minder, atau malah membenci orang tuanya karena pilih kasih. Setiap anak punya cara penanganan yg berbeda-beda karena masing-masing punya bakat dan kemampuan yg berbeda-beda pula. Semoga Allah menjadikan seluruh anak keturunan Ayah Bunda menjadi anak-anak yang shalih-shalihah, sukses dunia akhirat... Allahu a'lam... Allah yang Lebih Mengetahui. [ SheHEART ]

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2014-10-16

MENDIDIK ANAK AGAR MENJADI PEMBERANI - BUKAN NGAWUR NEKAT Ayah Bunda, Allah Ta'ala sudah menciptakan sifat manusia semenjak bayi punya rasa keingin-tahuan yg tinggi, dan hal ini sangat wajar dan bagus untuk perkembangan akal manusia. Allah juga sudah memberi amanah bagi para orang tua agar mereka merawat dan mendidik anak-anak mereka dengan penuh kasih sayang sehingga anak-anak tumbuh sempurna baik akal, fisik, jiwa, dan kesalihannya. Peran orangtua sangat berpengaruh untuk meluruskan sifat dan sikap anak-anak agar tidak cacat dan tidak pula berlebih-lebihan. Anak-anak karena rasa ingintahunya seringkali membuat mereka berani tanpa perhitungan, nekad, atau ngawur kebablasan. Bagaimana cara agar anak-anak sejak bayi tumbuh menjadi pemberani, tidak penakut, tapi tidak berlebih-lebihan? ===================== Ayah Bunda, (1) Yang paling PERTAMA dan UTAMA, didiklah anak-anak agar CINTA kepada ALLAH Subhanahu wa Ta'ala. Contohnya, sejak anak Anda masih bayi, sering-seringlah bicara atau mengingatkan kasih sayang Allah... "Nak, Alhamdulillah... Allah sayang sama kita... Adek diberi dua tangan utuh dan jari-jemari yg sempurna... dua kaki yg sempurna..." "Tuh nak, Subhanallah... Allah menumbuhkan bunga-bunga dan buah-buahan ini supaya manusia dan hewan-hewan bisa makan dan hidup..." ====================== (2) Yang berikutnya didiklah anak-anak Anda supaya mereka selalu mengHARAP kasih sayang dan segala balasan kebaikan dari ALLAH. Contohnya, "Nak, kalo kamu jadi anak baik, sayang sama Nenek, sayang sama Mama Papa, rukun sama Adek, kamu juga akan disayang sama ALLAH..." ====================== (3) Lalu didiklah anak-anak agar mereka TAKUT kepada ALLAH saja. Bukan kepada jin, setan, orang-orang yang jelek, atau hal-hal lainnya. Contohnya, "Nak, takutlah kepada Allah, Allah gak suka sama anak yg suka ngambilin orang lain tapi gak bilang-bilang." "Nak, jangan bohong dan jangan nakal sama adekmu. Takut sama Allah. Allah benci pada orang yg berbuat jahat. Takut Allah marah." Semisal di tempat gelap, jangan Anda takut-takuti anak bahwa di situ ada setan (walaupun kenyataannya di mana-mana ada setan/jin kafir yg suka menggoda dan menakut-nakuti manusia). Tapi ingatkanlah hal-hal yg biasa dialami semisal jatuh, terpeleset, dan semacamnya. Takut kepada sesuatu yg secara alami (tabiat/bawaan) membahayakan diri manusia itu diperbolehkan takut sewajarnya, karena Allah sudah menciptakan manusia punya sifat waspada. Contohnya tabiat takut terhadap hewan-hewan buas, jatuh ke jurang, tersengat listrik, dan semacamnya. Selama rasa takut secara alami (tabiat) tidak membuat seseorang melanggar perintah Allah serta larangan-Nya maka takut yg semacam ini diperbolehkan. Demikianlah yang dijelaskan oleh para 'ulama. Contoh pembicaraan yg mengajarkan anak rasa cinta, harap, dan takut hanya kepada Allah sekaligus adalah saat kita mengajarkan mereka doa (meminta) hanya kepada Allah. "Nak, hujannya deras banget, anginnya kencang sekali, doa ya Nak... minta pada Allah supaya hujan ini bermanfaat, gak merusak tanaman dan rumah kita..." Apabila tiga hal ini tertanam dengan kuat dalam diri seorang anak, maka bi idznillah (dengan izin Allah) anak tersebut tumbuh menjadi pemberani karena tujuannya hanya Allah, tidak takut apabila dirinya di jalan Allah. Dan sebaliknya, tidak nekat/ngawur melanggar ajaran-ajaran Allah serta Rasul-Nya. ============================= Di dalam Al-Quran Allah kisahkan nasehat Luqman kepada anaknya. Salah satunya berbunyi, يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman yang besar”.(QS. Luqman: 13) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri telah memberikan contoh penanaman aqidah yang kokoh ini ketika beliau mengajari anak paman beliau, Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Imam At-Tirmidzi dengan sanad yang hasan. Ibnu Abbas bercerita, “Pada suatu hari aku pernah berboncengan di belakang Nabi (di atas kendaraan), beliau berkata kepadaku: “Wahai Nak, aku akan mengajari engkau beberapa kalimat: Jagalah (agama) Allah, niscaya Allah akan menjagamu. Jagalah Allah, niscaya engkau akan dapati Allah di hadapanmu. Jika engkau memohon, mohonlah kepada Allah. Jika engkau meminta tolong, minta tolonglah hanya kepada Allah. Ketahuilah. kalaupun seluruh umat (jin dan manusia) berkumpul untuk memberikan satu pemberian yang bermanfaat kepadamu, tidak akan bermanfaat hal itu bagimu, kecuali jika itu telah ditetapkan Allah (akan bermanfaat bagimu). Ketahuilah. kalaupun semua umat (jin dan manusia) berkumpul untuk mencelakakan kamu, tidak akan mampu mencelakakanmu sedikitpun, kecuali jika itu telah ditetapkan Allah (akan sampai dan mencelakakanmu). Pena telah diangkat, dan telah kering lembaran-lembaran”. Perkara-perkara yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Ibnu Abbas di atas adalah perkara Tauhid. Allahu a'lam... Allah yang Lebih Mengetahui. [ SheHEART ]

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2014-10-15

TIGA DOA YANG SANGAT MUDAH DIIJABAHI OLEH ALLAH Ayah Bunda, Sebesar apapun usaha orangtua dalam merawat, mendidik, menyekolahkan dan mengarahkan anaknya, andaikan Allah Ta’ala tidak berkenan untuk menjadikannya anak salih, niscaya ia tidak akan pernah menjadi anak salih. Hal ini menunjukkan betapa besar kekuasaan Allah dan betapa kecilnya kekuatan kita. Ini jelas memotivasi kita untuk lebih membangun ketergantungan dan rasa tawakkal kita kepada Allah jalla wa ‘ala. Dengan cara, antara lain, memperbanyak menghiba, merintih, memohon bantuan dan pertolongan dari Allah dalam segala sesuatu, terutama dalam hal mendidik anak. Secara khusus, doa orangtua untuk anaknya begitu spesial. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam menjelaskan hal itu dalam sabdanya, ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ “Tiga doa yang akan dikabulkan tanpa ada keraguan sedikitpun. Doa orangtua, doa musafir dan doa orang yang dizalimi”. [HR. Abu Dawud dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu dan dinyatakan hasan oleh Syaikh al-Albany.]

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2014-10-15

CONTOH TELADAN UNTUK SI BAYI Ayah Bunda, Memberikan contoh yang baik bagi anak-anak bahkan seumuran bayi sekali pun sangat penting dan sangat besar pengaruhnya. Manfaatnya luar biasa dari berbagai sisi. Seorang anak selalu ingin meniru lingkungan sekitarnya. Contohnya, anak akan mencoba menirukan suara-suara yang biasa didengarnya. Sering pula seorang anak meniru gerakan-gerakan orang tuanya dan orang-orang di sekelilingnya. Pendidikan melalui contoh-contoh itu sangat efektif, bahkan ada ungkapan yang mengatakan satu contoh perbuatan itu lebih baik daripada seribu perkataan. Kalau Ayah Bunda ingin anak menjadi shalih-shalihah, maka usahakanlah keshalihan itu ada pada diri Anda dan menjadi contoh bagi anak-anak Anda. Jika ingin anak-anak Anda gemar membaca Al-Quran, maka orang tua sudah semestinya gemar membaca Al-Quran. Kalau ingin anak-anak Anda punya pola hidup yang sehat, gemar berolahraga, usahakanlah kebiasaan itu ada pada diri Ayah Bunda. Tentu setelah memohon pertolongan kepada Allah, tindakan nyata harus betul-betul diupayakan. Wallahu a'lam. [ SheHeart ]

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2014-10-15

Ayah Bunda, Didiklah anak-anak Anda bahwa menanam itu kereen...! - Pasar China, Hong Kong, Taiwan, dan Jepang menyerap buah durian dengan harga sangat mahal. Jika harga sebuah durian enak seharga Rp 50.000 di Indonesia, jika di luar negeri harga bisa mencapai Rp 200.000 per kilonya (bukan per butir). Kalau rata2 sebuah durian berisi 4 kg dagingnya ini artinya bisa mencapai Rp 800.000 per buahnya. - Australia bagian utara sudah mengebunkan pohon durian. - California (Amerika Serikat) sudah mengebunkan pohon kurma dengan skala luas dengan peralatan angkut modern. Begitu pula Malaysia dan Thailand sudah mulai membudidayakan pohon serta buah kurma. - Pisang adalah buah mahal sangat bergengsi di Eropa dan Amerika karena dijadikan makanan para atlet. - Belanda sudah menanam bermacam jenis pohon tropis di kebun-kebun indoor (dalam ruangan). - Negara-negara Asia Tenggara tetangga Indonesia sudah banyak yg beternak lebah Trigona / klanceng / tawon tanpa sengat untuk diambil madu dan propolisnya, sesuatu yg masih diremehkan di Indonesia - Perusahaan China dan Malaysia tahun lalu sudah ada rencana membuka sawah di Indonesia...??. Jangan mau dijajah lagi sebagai budak di negeri sendiri. Na'udzubillah...

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2014-10-15

DOA AGAR ANAK BETUL-BETUL SUKSES DUNIA AKHIRAT Ayah Bunda, Pernah suatu ketika khutbah shalat Jum’at berlangsung di salah satu masjid di daerah Banyumas, di sela-sela khutbahnya, khatib bercerita tentang kejadian yang menimpa sepasang suami istri. Keduanya terkena stroke, namun sudah sekian bulan tidak ada satupun di antara anaknya yang datang menjenguk. Manakala dibesuk oleh si khatib, sang bapak bercerita sambil menangis terisak, “Mungkin Allah telah mengabulkan doa saya. Sekarang inilah saya merasakan akibat dari doa saya! Dahulu saya selalu berdoa agar anak-anak saya jadi ‘orang’. Berhasil, kaya, sukses dan seterusnya. Benar, ternyata Allah mengabulkan seluruh permintaan saya. Semua anak saya sekarang menjadi orang kaya dan berhasil (dalam urusan duniawi --ed). Mereka tinggal di berbagai pulau di tanah air, jauh dari saya. Memang mereka semua mengirimkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit dan semua menelpon saya untuk segera berobat. Namun bukan itu yang saya butuhkan saat ini. Saya ingin belaian kasih sayang tangan mereka. Saya ingin dirawat dan ditunggu mereka, sebagaimana dulu saya merawat mereka”. Ya, berhati-hatilah Anda dalam memilih redaksi doa, apalagi jika itu ditujukan untuk anak Anda. Salah satu jenis doa yg makbul adalah doa orang tua terhadap anaknya. Tidak ada redaksi yang lebih baik dibandingkan redaksi doa yang diajarkan dalam al-Qur’an dan Hadits. “Robbanâ hablanâ min azwâjinâ wa dzurriyyâtinâ qurrota a’yun, waj’alnâ lil muttaqîna imâmâ” (Wahai Rabb kami, karuniakanlah pada kami pasangan dan keturunan yang menyejukkan pandangan mata. Serta jadikanlah kami imam bagi kaum muttaqin). [QS. Al-Furqaan: 74]

@SheHEART.com Anak Sehat Dunia Akhirat 2014-10-15

ANAK YANG BARU LAHIR MASIH BERSIH JIWANYA Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, ”مَا مِنْ مَوْلُودٍ إِلَّا يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِه” “Setiap bayi lahir dalam keadaan fitrah. Orang tuanya lah yang akan menjadikan ia Yahudi, Nasrani atau Majusi”. [HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu]


See more learning institutes near Raksa

About

Mari berbagi ilmu tentang merawat anak, kesehatan dan pengobatan bayi, tip-tips, serta bagaimana cara mendidik anak-anak kita.

Parking

Lot Parking No
Street Parking No
Valet Parking No

Privacy Policy