KORAN Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No. 150, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia 46251


Latest Updates

@KORAN Universitas Galuh Ciamis 2017-01-26

Jika gurumu menyuruhmu makan ikan, tapi beliau memberimu cacing, janganlah kau berprasangka bahwa beliau itu bodoh, gila, & kau layak mencacinya. Maka yang harus kau lakukan adalah mencari kail. Bukan memakan cacing itu. Jika kau memakan cacing itu, maka engkaulah yang bodoh menangkap pesan gurumu. Tapi kebanyakan dari dirimu adalah memakan cacing.

@KORAN Universitas Galuh Ciamis 2016-08-26

info jadwal Teknikal Meeting BAMBA. TM BAMBA adalah salah satu rangkaian acara untuk orientasi kampus bagi mahasiswa baru,, info selengkapnya di: http://goo.gl/m4Vrkx

@KORAN Universitas Galuh Ciamis 2016-08-24

Komisi X :"Pembunuhan Guru di Bandung Merupakan Kejahatan yang Tak Bisa Ditolerir" TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meninggalnya Tatang Wiganda, seorang guru SMP dan SMA Yas Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu yang lalu menimbulkan belasungkawa dari Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra. Sutan mewakili Komisi X menyampaikan rasa duka cita yang mendalam dan menilai kejadian tersebut tidak bisa ditolerir sama sekali. “Ini sangat miris. Seorang guru yang niatnya liar biasa untuk mendidik murid, malah mengalami penusukan dari pelaku yang tak bertanggung jawab. Ini merupakan kejahatan yang tidak bisa kita tolerir,” tegas Sutan, saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (23/08/2016). Di satu sisi, politisi F-Gerindra itu mengucapkan rasa terima kasihnya atas pengabdian guru Tatang Wiganda. Ia berharap, seluruh amal kebaikan almarhum di terima oleh Allah SWT, dan diampuni segala dosa-dosanya, dan diterima di sisi-Nya. “Beliau selaku pejuang pendidikan, diberikan tempat yang terbaik oleh Allah SWT. Dan segala amal ibadahnya yang luar biasa, semoga dilipatgandakan oleh Allah. Dan keluarga yang ditinggalkan, semoga diberi kesabaran dan ketabahan. Karena dibalik ini semua, pasti ada rahasia Allah yang terbaik untuk semua,” imbuh Sutan. Sutan meminta kepada penegak hukum agar segera mengusut kejadian ini, dan menjerat pelaku dengan hukuman yang setimpal. Ia berharap, kejadian yang tak diinginkan ini, jangan sampai lagi melanda dunia pendidikan Tanah Air. Untuk itu, pihaknya mengusulkan agar DPR dapat membuat payung hukum terkait perlindungan guru. Apalagi, beberapa kasus penganiayaan guru juga marak terjadi akhir-akhir ini. Dengan adanya landasan hukum untuk melindungi guru, selain guru mendapatkan perlindungan sebagaimana dalam UUD 1945, guru juga akan lebih merasa aman dan nyaman. “Tanpa adanya guru, tidak mungkin kita bisa sampai seperti ini. Untuk itu, ini akan lebih spesifik untuk melindungi guru, dengan cara kita buat UU perlindungan guru. Apalagi, masalah terus terjadi, sehingga harus ada solusinya,” tegas politisi asal dapil Jambi itu. Seperti dilansir sebuah media online, Tatang diketahui tewas di keroyok sejumlah orang di Jalan A.H. Nasution, Bandung, Senin (22/08/2016) sore lalu, dengan sejumlah luka tusukan benda tajam di tubuhnya. Korban dikeroyok tiga orang tak dikenal. Korban sempat dilarikan ke Rumah Sakit Santo Yusuf untuk diberikan pertolongan oleh warga yang melihat korban terkapar. Namun, akhirnya nyawa korban tak terselamatkan. Hingga berita ini diturunkan, pihak berwajib telah menangkap dua orang terduga pembunuh. (Pemberitaan DPR RI) http://unigal.web.id

@KORAN Universitas Galuh Ciamis 2016-06-07

Maling Leptop di UNSIL TASIK, mhon utk yg tahu segerahubungi id line: hafidin97 (Khafidin - Geografi) .. dan semoga ini juga jd inspirasi utk UNIGAL, masjidnya ada CCTV nya https://www.youtube.com/watch?v=4fh5brl3EhI&feature=youtu.be

@KORAN Universitas Galuh Ciamis 2016-01-17

TEROR SARINAH Fakta Realita atau Rekayasa ? ------------------- * Kompilasi dari berbagai sumber. * Faktanya memang banyak CCTV yang merekam peristiwa peledakan granat oknum teroris sarinah thamrin 14 Jan 2016 itu. Sangat berguna untuk mengungkap kasus. * Dari CCTV itu dapat diketahui IDENTITAS pelaku teror sebenarnya. Siapa mereka, latar belakang dan terakhir aktif di mana. Akan mudah terungkap. * Dari CCTV itu juga dapat diketahui 'orang2' yang bukan pelaku tetapi 'terlibat' dalam peristiwa. Ada kemungkinan sniper disini? * Bisa jadi semua pelaku tewas karena tembakan dari peluru sniper yang ditugaskan untuk menghabisi para pelaku agar rahasia tertutup rapat * A picture means thousands words, apalagi rekaman berbentuk film. Dapat mengungkap kebenaran di balik pelemparan granat sarinah * Kedubes AS pada pagi hari pukul 06.51 Wib memperingatkan seluruh WN AS untuk berhati2 dan menghindari area Thamrin Sarinah bakal jadi lokasi teror. Itu Artinya? * Artinya pihak AS berhasil mendeteksi adanya ancaman serius di area tersebut. Biasanya, info itu pasti diteruskan ke pihak keamanan RI * Mungkinkah pihak AS tidak meneruskan informasi potensi ancaman tersebut kepada pihak RI? Dari pengalaman selama ini kayaknya mustahil deh * Setiap informasi terkait ancaman keamanan negara biasanya diteruskan ke pihak otoritas negara tersebut. Rakyat berhak tahu mengenai ini * Jika informasi tentang ancaman terorisme ini faktanya memang ada diteruskan kepada otoritas RI, knapa tidak ada antisipasi ? * Dari mana pihak AS dapat mengetahui informasi rencana teroris di sarinah thamrin? Bisa dari jaringan intelijen dan Bisa dari otoritas RI * Jika jaringan intelijen, sumber informasinya ada 2: pertama dari agent di lapangan. Kedua, dari penyadapan sarana telekomunikasi * Dari temuan agen di lapangan sangat kecil kemungkinannya. Kemungkinan terbesar adalah dari pemantauan/penyadapan telekmunikasi * Jika informasi diperoleh dari penyadapan/pemantauan telekomunikasi, maka kemungkinan besar aksi teror itu tdk bakal terjadi. Knpa? * Krn pasti ada tindakan preventif seketika setelah informasi rencana teror diketahui. Pelaku lgsg ditangkap, seperti dilakukan selama ini * Setidaknya para pelaku dapat ditangkap di TKP sebelum aksi teror mereka dilakukan. Kenapa hal ini tdk terjadi? Why,...? and Think ! * Jawabnya : patut diduga kedubes AS menerima informasi rencanan teror itu diperoleh dari pihak otoritas RI ..... * Patut diduga otoritas RI sudah tahu akan terjadi aksi teror itu, dan untuk menghindari CD (collateral damage), kedubes asing diinfokan * Sifat informasi seperti itu adalah top urgent...!!! Oleh karenanya, dpt dipastikan kedubes asing menerima info itu sekitar pukul 06.00-06.45 WIB * Protap penanganan info seperti itu adalah ASAP (as soon as possible). Tak boleh ditahan, langsung diteruskan untuk diketahui WN asing * Kedubes2 asing hampir pasti menerima info rencana teror itu dari otoritas RI dan lgsg diteruskan ke seluruh warganya agar tdk jd korban * Apa konsekwensi jika analisa ini benar? Artinya :....waduh ..! bersambung deh. II. Apa konsekwensinya jika analisa ini benar ? Artinya : Pertama : Tidak benar BIN kecolongan hehe Kedua : Knp dibiarkan terjadi? * Fakta yg membenarkan analisa ini: @ Aparat polisi bersenjata lengkap sdh ada di TKP sesaat granat meledak @ Semua pelaku "tamat ! " * Operasi ini bocor dan becek ...Kualitas sampah ,Mudah dibaca Terlalu sembrono ! * Jejak berceceran di mana ..itu bukan karya sang maestro ! , Mastermind nya masih "magang" kaleee hehe * Tenaaang...dicoba buka semuanya, Media/pers mbok ya investigasi .,Banyak keganjilan dan jejak hehe , Ga perlu investigator ulung ungkap kasus ini * Peristiwa teror sarinah bukan aksi teror,Tapi aksi ciptaan mereka untuk dipercaya sbg aksi teror,...! * Hanya pembuat onar yang berani menjamin dia tak buat onar lagi * Kalau investigator asing terlibat, pasti si anu terkencing2 hahahaha,.... * "Lapor Pak....!! Operasi Sanggul sdh selesai dilaksanakan !" * Jend purn : "bgmn sukses?: * "Siap... ! Sukses tapi gagal....Bocorrr Pak !! * Kalau pelakunya oknum pemerintah bijimane? * Teroris yg baik adalah teroris yang selalu beri tahu petinggi negara kapan terornya dilaksanakan * Agar beliau2pada ngungsi dulu sbtr keluar jakarta, sebelum hajatan dimulai. * Sesuai "kesepakatan", media memuat berita dari "sumber resmi aja dari satu sumber dan di exphose ke berbagai media haha * Yang bisa memastikan jakarta aman dari ancaman teroris ya teroris itu sendiri. * Ah,...Ini hanya panggung sandiwara aja koq bung ! Ga ada kepentingan ISIS disini * Hanya orang gila yang percaya Semua pelaku telor di lapangan tewas,...! * Pemerintah bilang Jakarta sdh aman , Lhooo,..Kok tahu? Emang ga ada temannya yang masih hidup ? Hehe * Dari mana pemerintah tahu tdk ada teman2 atau jaringan teroris yang masih hidup yang mungkin saja akan lakukan teror lagi? Ayoo....!!! * Beceeek....Ini operasi bener2 becek bro,..! Itu Bukan karyanya sang maestro * Kayaknya anak magang nih yang jadi arranger nya, kesel deh kite2,..! * Rakyat kok dibodohi melulu yak,.. ? .Mana media mau disetir lagi. * Statement Pak JK sdh benar, "Rakyat tidak takut dengan teror seperti ini" * Papa dikasih tahu bahwa besok ada adegan horor dekat istana hahaha * Bagi rakyat yang anggota keluarganya hilang setelah masuk Gafatar cepat2 lapor polisi Ada kemungkinan nanti mereka jadi tumbal aksi teror ! Yaaah,..halamannya bersambung lagi ,... III * Nanti ada "kelompok radikal" akan digulung aparat. Jgn sampai anggota keluarga anda yang tak tahu apa2 ditemba k mati dgn tuduhan sbg teroris. * Ada bos yang lagi butuh "kredit Point " untuk dipertahankan. * Ada juga bos yang lagi cari "kredit Point " untuk jadi pahlawan agar jabatan itu jd miliknya * Operasi Sanggul untuk 3 tujuan : 1. pengalihan isu korupsi SN 2. revitalisasi dukungan thdp J,....( pasti tau lah,..) 3. tiket untuk TB 1 ( apalagi ini,..ngotot banget, hehe ) * Wahai pembesar, Wahai pemimpin, Berhentilah berdusta ,Dusta itu ibu segala noda dan dosa ! * Ga penting. Papa harus keluar jakarta sbtr karena ada aksi telor besok hehe * Cuma ditegur doank "Lain kali lebih rapi donk. Jangan becek gini !" * Janganlah mengorbankan kepentingan negara hanya karena mau menutupi pemeriksaan korupsi SN, mau promosi jabatan dan menutupi kegagalan ! * Aneh aparat membiarkan "mayat-mayat" sekian lama ga diangkut padahal ambulan bolak balik banyak sekali. * Sutradara aksi telor ini terlalu cepat menutup arus lalu lintas Jalan Thamrin sehingga ketika aksi telor mulai dipentaskan * Rekaman CCTV menunjukan Jl. Thamrin yang selalu ramai macet padat pada hari biasa, saat jelang aksi telor tiba2 senyap sepi,... hehe * Pilihan target peledakan pada pos polisi yang kosong adalah upaya sutradara untuk mencegah ada korban sungguhan. * Luar biasa !! Ada camera video yang mampu merekam semua peledakan secara urut, dari peledakan ke- 1 sd ke 7 !! * Hebat perekam peledakan itu. Dia pasti paranormal krna tahu kapan dan dimana akan terjadi peledakan ke1 /sd 7 hehe * Hebatnya lagi rekaman itu dibuat begitu sempurna, hasilnya sempurna, pasti diambil dlm posisi sempurna ( seperti shooting resepsi pernikahan ) * Sampai pukul 20.00 wib kami memiliki 23 keganjilan keanehan tak logis dari kejadian telor pecah di sarinah * Gak diungkap semua skrg..., memberi waktu dan kesempatan si ANU sang sutradara untuk memperbaiki materi pendukung aksi telor ! * Yang pasti aksi telor sarinah bukan karya sang maestro. Terlalu becek. Mungkin karya anak magang. Aksi telor ini mgkin karya perdananya * Oh ya, kalau si anu pengen sempurnakan karyanya yang berjudul "telor sarinah", silahkan kontek kami...gratis koq hehe * Besok lupakanlah aksi "telor sarinah" ini dan kembali desak kejaksaan panggil periksa tangkap SN. Pengalihan isu ora mutu,..wekekek. * Kebohongan dan dusta ini terlalu vulgar dan itu bukan karya sutradara kelas hollywood * Aksi telor sarinah,....ada bunyi mercon aja sudah heboh...Ini kok beda, entah kenapa? * Kedubes AS sampe repot cari alasan mengenai warning yang disebarkan kedubes AS kepada warganya, Agar pemerintah RI ga malu *Jadi rakyat cerdas

@KORAN Universitas Galuh Ciamis 2015-12-25

We are the world, we are the children,we are the ones, who make a brighter day, so let's STAR GIVING.

@KORAN Universitas Galuh Ciamis 2015-12-21

Diam itu Emas, Berbicara adalah caranya membeli emas, kalau anda tidak bisa berbicara mana mungkin anda bisa punya emas, ya kecuali dengan bahasa tubuh, hha

@KORAN Universitas Galuh Ciamis 2015-12-21

Tujuh Saran Sinting Bob Sadino Tentang Wirausaha ::: Siapa yang tidak mengenal Bob Sadino (biasa di panggil om Bob) ikon bisnis dan motivasi yang sudah banyak menghiasi dinamika bisnis di Indonesia. Bob Sadino dikenal blak-blakan dalam menyampaikan seminar bisnis, dengan gayanya yang cuek dan selalu tampil dengan ciri khasnya yaitu celana pendek. Beberapa kali mengikuti seminar dan diskusinya, Anda pasti akan merekam statement-statement keras yang barangkali tidak lazim bagi Anda. Statement yang menyebabkan kontroversi, dan bahkan menyebabkan beberapa mahasiswa akhirnya keluar dan berhenti dari bangku kuliah. Sebagai orang yang cerdas, apa yang disampaikannya terkadang tidak masuk di akal dan tidak logis. Itulah sebabnya Anda, apalagi yang masih belum banyak mengenal seminarnya beliau, harus menelaah dan mencermati apa maksud ungkapan beliau dan apa yang terkandung dari statement yang beliau sampaikan. Selama mengikuti beberapa kali seminar yang beliau sampaikan, berikut ada beberapa catatan saya pribadi, yang menurut saya "sinting" jika kita menelan mentah-mentah apa yang disampaikan. Ini merupakan pendapat saya pribadi, Anda boleh sependapat, boleh juga tidak, itu hak Anda. Coba simak statement yang sering beliau ungkapkan berikut ini. 1. "Jika ingin kaya raya, jangan pernah jadi karyawan". Di salah satu seminar beliau pernah menyatakan statement yang membuat gemuruh peserta adalah, bahwa 'jika ingin bahagia (sukses), jangan jadi karyawan'. Padahal peserta dari seminar itu adalah sebagian besar adalah karyawan, bayangkan! Statement beliau ini menurut saya, tidak salah. Namun juga tidak sepenuhnya benar. Kebahagian dan kesuksesan itu tidak semata-mata diukur dari banyaknya materi, dan apa profesi seseorang. Lalu apakah hidup sebagai karyawan itu tidak bahagia? Tidak juga. Banyak karyawan yang bahagia dengan segala kondisinya. Tentu parameter kebahagian berbeda, beda setiap orang. Apakah statement ini salah? Tidak juga. Memang peluang mencapai kebahagian dengan keberlimpahan materi akan lebih terasa jika kita menggapainya melalui bisnis, melalui dagang dan sukses. Tetapi tidak sedikit juga pengusaha yang terlilit hutang dan akhirnya sengsara. Sekali lagi pilihan sukses dan bahagia itu bergantung yang menjalani. Tentu dengan konsekuensi masing-masing memang dengan berbisnis, peluang seseorang untuk mencapai puncak kebahagian jauh lebih terbuka. 2. "Kuliah itu bikin goblok, siapa yang hadir di seminar ini, besok jangan masuk kuliah" Di seminar yang lain, beliau secara terang-terangan menyampaikan kalau kuliah itu kegiatan "goblok", dan menyuruh besok jangan masuk kuliah. Sangat frontal memang, menyampaikan statement seperti itu didepan ratusan mahasiswa dan akademisi. Tentu saja banyak audience yang kemudian heboh dengan sendirinya, maklum sebagian peserta seminar itu adalah mahasiswa muda yang polos, lugu, dan baru semangatnya mencari jatidiri di kampus tercinta. Mendengar statement itu tentu batinnya berontak. Namun kalau kita mau berpikir mendalam, apa yang disampaikan om Bob ini sebenarnya sangat masuk akal. Namun bagi sebagian orang ini justru menyesatkan, apalagi bagi MABA (mahasiswa Baru). Maksud saya, jika Anda ingin mencapai karir bisnis Anda dengan otodidak dan belajar berjualan sablon printing, misalnya (seperti yang banyak dilakukan MABA saat membuat bisnis plan) terus apa gunanya kuliah, kalau yang dipelajari adalah science. Maka apa istilah yang tepat kalau bukan "goblok (versi Bob Sadino). Contoh lagi: bisnis di bidang hiburan padahal kuliahnya Psikologi, bisnis di bidang desain padahal kuliahnya di MIPA, bisnis makanan padahal kuliahnya di Teknik. Bagaimana enggak goblok? apa yang susah-susah di pelajari, tidak dipakai dalam bisnis. Lalu bagaimana seharusnya? Anda seharusnya bisa menjawabnya. 3. "IPK di atas 3 koma alamat calon karyawan" Ini ada salah satu fakta yang menarik. Kata Om Bob kalau kuliah kok IPK-nya diatas 3, itu tandanya calon karyawan. Hmm, sangat masuk akal, karena kecenderungan orang yang memiliki IPK bagus apalagi di fakultas favorit, tentu memiliki idealisme tinggi untuk mengaplikasikan ilmunya. Tidak lain adalah melamar kerja, di perusahaan dan menjadi karyawan. Itulah mengapa justru Bob Sadino mengajarkan, kalau mau sukses bisnis IPK harus jeblok. Tidak salah sih. karena dengan demikian tidak memiliki pilihan lain selain berwirausaha, karena kalaupun mau melamar kerja juga tidak ada yang menerima karena IPK-nya dibawah standar, justru dengan demikian akan "terpaksa" memilih jalan entrepreneur. Lalu apa jadinya kalau IPK diatas 3, kemudian memilih berbisnis? Ada, tapi sangat sedikit. Sekali lagi Life is a Choice, secara logika harusnya yang IPKnya diatas 3 ini jika diaplikasikan dalam bisnis harusnya lebih bagus lagi hasilnya, bukankah begitu? 4. "Kuliah itu hanya memasukkan "sampah" ke kepala Anda" Salah satu saran "sinting" lainnya adalah "Kuliah itu memasukkan sampah ke kepala Anda". Bagi setiap orang yang masih kuliah mendengar statement ini pasti protes, tidak terkecuali peserta seminar yang notabene masih kuliah. Mereka merasa apa yang dilakukan setiap hari berarti memasukkan sampah ke kepala mereka? Apakah ini salah? Tidak juga, karena memang apa yang dipelajari itu tidak dipakai di kemudian hari, jika kita bercita-cita menjadi bisnisman sukses seperti om Bob. Apa sebabnya? Bob Sadino meniti karir bisnisnya dari nol dan mempelajarinya dari lapangan, dari pengalaman dan dari percobaannya sendiri. Makanya saat mempelajari sesuatu di bangku kuliah sementara apa yang dipelajari itu tidak dipakai maka apa yang dipelajari itu menjadi sampah bagi otak kita. Satu statement yang menguatkan ini adalah bahwa dia berpesan, "Jadilah manusia pembelajar". Jangan hanya dari bangku kuliah, tapi pelajarilah dari kuliah kehidupan yang Anda jalani. 5. "Kalau ingin kaya, bisnis sayuran" Haha.. secara, awalnya beliau adalah pengusaha sayuran pantas saja usaha yang direkomendasikan adalah bisnis sayuran. Mengapa ini saya sebut "sinting"? Tidak lain karena ini adalah tipikal orang yang konsisten dengan apa yang diucapkan. Dia mengajarkan apa yang dia lakukan, menunjukkan apa yang sudah dilalui - jadi tidak asal bunyi saja. Cerdas bukan? 6. "Pebisnis itu harus nyentrik" Apakah pebisnis harus nyentrik? Hmm bisa iya, bisa juga tidak, kalau tipikalnya om Bob Sadino, senyentrik itu pun tentu orang akan menaruh rasa hormat ke beliau, maklum, selain pengusaha, dia juga menjadi mentor banyak orang, dan menghasilkan pengusaha yang berbobot juga dibawah angkatannya om Bob. Wajar bila senyentrik apapun penampilannya oran akan segan dengan beliau. Nah kalo kita-kita, itu kembali ke kita saja, ingin nyentrik silahkan, tidak juga tidak menjadi masalah. 7. "Bisnis itu hanya modal dengkul. bahkan jika Anda tidak punya dengkul, pinjam dengkul orang lain Banyak peserta di sesi tanya jawab mengeluhkan tentang keterbatasan modal yang dimiliki, lalu apa kata om Bob tentang ini? Dia berujar, "Mau gak kira-kira kalau dengkulnya dibeli 500 juta? Tidak mau kan, berarti Anda punya modal 1 milyar dengan 2 dengkul Anda!" Paham? Begitulah karakter om Bob yang nyentrik, "sinting" bagi sebagian orang yang hanya menangkap apa yang diucapkan tapi bukan apa yang ingin disampaikan, beruntunglah orang yang di"sinting"kan beliau ke jalan kebaikan kemudian menjadi entrepreneur dan sukses. Jika gagal, maka wajib menghabiskan kegagalan itu hingga hanya berhasil yang bersisa. Ada satu ucapan yang menarik yang patut Anda catat. Inilah mengapa saya menulis tulisan ini dan membaginya untuk Anda. Ketika itu saya mengikuti seminarnya, kemudian dalam sesi tanya jawab saya iseng-iseng bertanya sekaligus juga ingin menjebak om Bob. Pertanyaan saya seperti ini "Bisnis apakah yang prospektif om Bob?" Sebelum menjawab dia menanyakan kepada saya, "Kamu sendiri sudah punya bisnis?" saya sahut "Belum, makanya saya ingin tanya kepada om Bob?" Sambil tertawa beliau menjawab "Bisnis yang prospektif adalah bisnis yang "dijalankan" bukan ditanyakan terus!" Sangat singkat namun mengena, saya terhenyak dengan jawabannya. Selama ini saya hanya mencari referensi, bertanya sana sini tanpa segera berdiri dan memulai membuka bisnis. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda memulai bisnis Anda? sumber: fb peluang usaha

@KORAN Universitas Galuh Ciamis 2015-12-21

Jangan berhenti melayani orang lain karena pahala yang sedikit, jika kita berbuat demikian maka kita sebenarnya sedang mencabuti pasak bangunan yang kita dirikan

@KORAN Universitas Galuh Ciamis 2015-12-21

Bisa bayangkan kalo petinju hanya berlatih saat akan pertandingan? Atau seorang chef yg baru mau sibuk mikirin menu2 baru ketika nunggu terima order?

@KORAN Universitas Galuh Ciamis 2015-12-20

4G yang hadir sekarang di Indonesia ternyata adalah hasil riset dari Om Basuki 10 tahun kebelakang di swedia. #huft

@KORAN Universitas Galuh Ciamis 2015-12-06

Allah tidak pernah menjanjikan bahwa langit itu akan selalu biru, Bunga selalu mekar, dan Mentari selalu bersinar.


See more learning institutes near Ciamis

About

Berbagi Informasi Seputar Sistem Akademik, Materi Kuliah, Event Mahasiswa, Beasiswa dan Semua Hal yang sedang terjadi di kampus Universitas Galuh Ciamis.


Suggestions

LPK Ar-Risalah

Jl. Ciamis-Banjar KM 3,5
School

Osis Smk N 1 Cipaku

Jl.Raya Kawli-Ciamis km. 7 (Galonggong) Ds. Muktisari kec. Cipaku
Community Organization, High School

Sekolah Al Mu'minin

Jl Jendral Sudirman Belakan no.170
Day Care, Elementary School

Pribahasa Sunda

Ciamis Jawabarat
Library

MTs Harapan Baru Cijantung Ciamis

Jln Raya Banjar KM 3 Ciamis
High School

Pascasarajana Universitas Galuh Ciamis

JL.R.E. Martadinata No.150
Stadium, Arena & Sports Venue, College & University, College & University

Universitas Galuh Ciamis

Jl. R.E. Martadinata No.150
Campus Building, College & University, College & University

Wisata Sukses

Hebat Center
Eco Tour Agency, College & University, College & University

SMK YPS 1 CIAMIS

Jl. RE. MARTADINATA No. 23
High School

MTs. Darul Amira

Jalan Ciawitali Desa Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti
School, Medical & Health, Education

PUISI SUNDA

Ciamis
Library

Ma (Terpadu) Ar-Rahman

Nasol
High School

Belajar Qiroah AlQuran

dusun bangsal Rt. 07 Rw 03 Desa darmaraja kecamatan lumbung
Education


Privacy Policy