PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari

Jalan Nayatirta, Desa Langgongsari RT 03/RW 03, Kec. Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia 53162


Latest Updates

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-11-10

Guruku Pahlawanku.. Selamat MemperingaI PAHLAWAN NASIO November 2017.

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-11-07

dimohon dengan sangat,, jangan benturkan NU dengan FPI, jangan benturkan habaib dengan para kyai. Dalam tauhid, kita sama2 penganut Al-Asy ari, dalam fiqih, kita sama2 bermadzhab Asy Syafi i, dalam tasawuf, kita sama2 berhulu Al-Ghazali. Kita sama2 Islam Ahlus Sunnah wal Jama ah. Kita sama2 pecinta dan pegiat bid ah hasanah, kita suka sholawatan, suka tahlilan, suka tabarukan, suka ziarah kubur.. Mengikuti perkembangan isu terkini, kami merasa prihatin, kami pun demo dengan menggambarkan sebuah impian akan akurnya kehidupan sesama umat Islam, dengan sengaja mendesain sebuah poster berjuduin Ukhuwah Tanpa Pandang KhilafiNU dan FPI memang memiliki khilafiyah, sebuah perbedaan, namun hal tersebut hanya dalam fikrah siyasah, prinsip berpolitik. NU berprinsip bahwa NKRI saat ini telah final, NKRI harga mati, sesuai Pancasila 1945. Sedangkan FPI menginginkan NKRI yang bersyariah, NKRI berdasarkan piagam Jakarta 1945. Tapi ingatlah, ingat, kita tetap sesama muslim, kita sama2 bersaksi bahwa Allah swt Tuhan satu-satunya yang berhak disembah, dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan-Nya sebagai pamungkas para nabi di akhir zaman ini. Kita adalah saudara. Kita adalah Indonesia. Jadi, mari pulihkan hubungan kita dengan baik, jalinlah Ukhuwah Islamiyah yang harmonis. Takbir! Allahu Akbar!! Dengan mengharap berkah dari karomah para Ulama, syafaat dari Rasulullah, dan ridlo dari Allah.. Menjelang Bulan Rabi ul Awwal, mari kita bersama-sama ramaikan perayaan Maulid Baginda Nabi Muhammad SAW. Karena dengan Sholawatan, kita mampu wujudkan persatuan! Bibarkati sholawati ala nabi! Allohumma sholli ala sayyidinaa Muhammad!! (design & caption by Fariz Ahmad)

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-11-05

MARI HADIR DAN BERSAMA MENUAI BERKAH Pengajian Akbar Dalam Rangka : 1. Menyambut Maulid Nabi MUHAMMAD Shollallohu ‘alai wa Sallam 2. Peringatan Haul ke-23 Al-Maghfurlah Kyai Ahmad Syamsul Ma’arif (Muassis Ponpes Nurul Huda Langgongsari) ~morosepuh dari guru kita Al-Mukarom Romo KH. Abdul Mu in (Muassis Ponpes. Al-Ikhlas Langgongsari) 3. Tasyakkur Khotmil Quran Bil Ghoib Santri Nurul Huda Hari/Tanggal : Ahad, 19 November 2017H / 29 Shofar 1439 H Tempat : Aula Utama Ponpes Nurul Huda, Desa Langgongsari, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas. Roundown Acara Sebagai berikut: 1. Pukul 07.00 s.d 15.30 WIB : Simakan Al-Quran 30 Juz 2. Pukul 16.30 s.d Maghib : Jalsah Rauhah bersama AlHabib Taufiq Bin Abdul Qodir Assegaf 3. Bakda Maghrib s.d ‘Isya : Khotmil Quran dan Tahlil 4. Pukul 20.00 s.d Selesai : Pembacaan Maulid Simtudduror dan Pengajian Umum bersama A) Al-Habib Taufiq Bin Abdul Qodir Assegaf (Pasuruan, Jawa Timur) B) KH. Abdullah Saad (Solo, Jawa Tengah) 5. Penutup Semoga ALLAH Subhanahu wa ta’ala memberkahi dan memberi kelancaran acara ini dan mencatatnya sebagai kebaikan sehingga kita termasuk golongan yang diakui sebagai umat Nabi yang mendapat syafaat Beliau baik di dunia ataupun akhirat. Amiin Ya Robbal ‘Alamin. #PonpesNurulHuda

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-10-25

MASYA ALLAH! Bisma, santri 10 tahun penghafal Al-Qur an, AlFiyah, Durrotun Nasi in, dan Bullughul Maram. (dari PP. Yanbu ul Qur an Kudus asuhan Simbah KH. Ulinnuha Arwani, Guru dari ning kita, Ning Barokah Al-Hafidzoh binti KH. Abdul Mu in). Kebanggaan yang sangat luar biasa bagi orang tua terhadap prestasi putra putrinya, seperti Roja Muhammad Bisma Rahmatullah ini contohnya. Bocah yang akrab disapa Bisma ini lahir di Kota Gresik Jawa Timur (10 april 2007). Tapi sekarang Bisma dan keluarganya tinggal di Gedangan Sidoarjo. Pada dasarnya tidak ada yg istimewa, sejak didaftarkannya di pondok pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Anak (PTYQA) Yayasan Arwaniyyah Desa Krandon Kecamatan Kota Kabupaten Kudus Jawa pada pertengahan Tahun 2013 oleh kedua orang tuanya. Nampak seperti santri pada umumnya, pada saat itu Bisma tengah berusia usia 7 tahun. Setahun di pesantren Bisma berhasil menghafalkan Al-Qur’an 30 Juz pada 12 Februari 2015 dan menjadi perserta wisudawan termuda. Setahun kemudian tepatnya Bisma berumur 9 tahun dia berhasil menghafalkan Alfiyah Ibnu Malik dan kitab hadits Bhulugul Maraam. Setahun kemudian Bisma kecil kembali menghafalkan kitab klasik Dzurratun Nashihin. Kini Bisma sudah dikenal sebagai ulama muda, tepat pada 22 Oktober 2017 pada perayaan puncak Hari Santri Nasional di GOR Delta Sidoarjo, Bisma mendapatkan hadiah dari pencapainya tersebut. Nama Bisma disebut sebagai santri produktif yang diberi kenang- kenangan secara langsung oleh Cucu Syeikh Nawawi Jawi al Banteni KH. Makruf Amin sebuah kitab Tafsir Al-Munir maha karya syeikh Nawawi al Banteni. Tepuk tangan dan rasa kagum para ulama kepada Bisma sampai mencucurkan air mata. “Saya berharap anak ini juga mampu untuk menghafal al Munir ini, bila dia sanggup maka insya allah dia akan menjadi ulama hebat, karena belum ada di Indonesia yang seperti anak ini (Bisma)”. Seru KH. Makruf Amin pada sambutan pembagian cindra mata. Tampak Wakil Gubernur Jatim Gus Ipul bersama beberapa Ulama sedang mendampingi Bisma bocah 10 tahun yang diharapkan bakal menjadi Ulama besar Bisma adalah anak pertama dari dua bersaudara adiknya bernama Alimudin Sa’idullah. Keduanya lahir dari pasangan Bapak Isma’il dan Ibu Etik. Kedua orang tuanya bukanlah dari background hafidz atau hafidzah akan tetapi keinginan untuk mempunyai putra putri penghafal al Qur’an adalah impian keduanya. Menurut ust. Yusrul Muna Kegiatan luar Bisma sama dengan santri pada umumnya yaitu berziarah ke makam KH.Arwani Amin (Pendiri Ponpes Arwaniyyah) dan Sunan Ja’far Shodiq (Sunan Kudus). Bisma juga termasuk 12 siswa yang dia bimbing. Kader ulama telah hadir dengan nama Bisma, selain mengharumkan nama Sidoarjo dan Jawa Timur akan, tetapi bisma juga mengharumkan nama Santri. Ini adalah bukti nyata bahwa keberadaan pesantren mampu menjadikan perubahan bangsa yang lebih baik.

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-10-22

Selamat dan Sukses untuk Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2017. Teruntuk saudara kami di Pondok Pesantren Nurul Huda Langgongsaritri Mandiri, NKRI Hebَللّهُ اَكْبَر! Merdeka!

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-10-21

Tunjukkan Nasionalisme.mu! Selamat Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2017i Santri, Untuk Negeri

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-10-21

Santri Mandiri, NKRI Hebelamat Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2017. Terima kasih kami ucapkan teruntuk Hadrotusy Syeikh Simbah KH. M. Hasyim Asy ari rahimahullah yang telah mengeluarkan fatwa jihad dan dikukuhkan melalui musyawarah istikharah para Ulama Jawa-Madura di Markas PBNU Surabaya dalolusi Jihadda 21-22 Oktober 1945 yang telah membakar semangat Umat Islam dalam perjuangan melawan penjajah untuk mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia yang telah diproklamirkan pada 17 Agustus 1945 oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta. Inilah yang menjadi dasar Pemerintah Pusat di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo menetapkan Hari Santri Nasional melalui Keppres. No. 22 tahun 2015, sebagai sebuah pengakuan bahwa negara ini berdiri bukan lain oleh karena besarnya peran pesantren yang perjuangannya tidak dapat dilepaskan dari sejarah tegaknya NKRI. Berdasarkan instruksi dari PBNU, mari kita baca 1 milyar Sholawat Nariyah dengan berjamaah setanah air untuk negeri ini, dan gelorakan semangat kebangsaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya cipt. W.R. Soepratman (1928), dan Mars Syubbanul Wathon cipt. Simbah KH. Wahab Chasbullah (1934), untuk mengenang perjuangan para Kyai dan Santri dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia. بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ ياَ لَلْوَطَنْ ياَ لَلْوَطَن ياَ لَلْوَطَنْ Ya Lal Wathon Ya Lal Wathon Ya Lal Wathon حُبُّ الْوَطَنْ مِنَ اْلإِيمَانْ Hubbul Wathon minal Iman وَلاَتَكُنْ مِنَ الْحِرْماَنْ Wala Takun minal Hirman اِنْهَضوُا أَهْلَ الْوَطَنْ Inhadlu Alal Wathon اِندُونيْسِياَ بِلاَدى Indonesia Biladi أَنْتَ عُنْواَنُ الْفَخَاماَ Anta ‘Unwanul Fakhoma كُلُّ مَنْ يَأْتِيْكَ يَوْماَ Kullu May Ya’tika Yauma طَامِحاً يَلْقَ حِماَمًا Thomihay Yalqo Himamaka Hati Wahai Tanah Airku Cintamu dalam Imanku Jangan Halangkan Nasibmu Bangkitlah Hai Bangsaku Pusaka Hati Wahai Tanah Airku Cintamu dalam Imanku Jangan Halangkan Nasibmu Bangkitlah Hai Bangsaku Indonesia Negeriku Engkau Panji Martabatku Siapa Datang Mengancammu Kan Binasa di bawah durieruntuk para Ulama, santri, dan seluruh umat Islam yang telah syahid dalam jihad fi sabilillah berperang melawan kedzaliman para kafir penjajah,, ghafarallahu lahum wa ridlwanullahi alaimihim ajma in, شئ لله لهم الفاتحة... أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ اَلرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ صِرَاطَ الَّذِ يْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ۙ غَيْرِ ٱلْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ ٱلضَّآلِّيْنَ آمِيْنَ

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-10-13

Kegiatan Sholat Mutlaq dan wirid untuk tolak bala atau yang lazim disebo Wekatin dilaksanakan setiap tahunnya, pada Hari Rabu terakhir Bulan Shafar penanggalan qomariyah. Amaliyah dipimpin oleh Syaikhona Al-Mukarom Romo KH. Abdul Mu in, Pengasuh PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari. Kegiatan dilangsungkan di masjid (putra) dan aula ndalem (putri) PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari. Diawali dengan pengajian umum ba da Shubuh, memasuki waktu Dluha sholat tolak bala segera dilaksanakan, setelah itu dilanjutkan dengan wirid dan doa keselamatan lalu ditutup dengan berkat selametan bersama.

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-09-29

APA ITU ASYURO ‘Asyuro menjadi salah satu istilah untuk hari kesepuluh di Bulan Muharrom. APA SAJA KEUTAMAAN NYA? Para ulama mencatat bahwa di hari ini ALLOH banyak memberikan pertolongan kepada para Nabi dan orang terdahulu, diantaranya: 1. ALLAH menciptakan Nabi Adam di surga pada tanggal, dan menerima taubatnya pada tanggal itu, 2. Sejajarnya perahu Nabi Nuh dengan bukit juudy, 3. Tenggelamnya Fir’aun pada saat mengejar Nabi Musa, 4. Dikeluarkannya Nabi Yunus dari perut ikan, 5. Dikeluarkannya Nabi yusuf dari sumur, 6. Diterimanya taubat kaum Nabi Yunus, 7. Nabi Ibrohim dilahirkan, dan di hari ini pula lah beliau selamat dari kobaran api yang dibuat oleh Raja Namrud, 8. Dilahirkan Nabi Isa, dan beliau diangkat ke langit, 9. Nabi Ya’qub kembali bisa melihat, 10. Nabi ayyub dari terbebas dari ujian yang menimpa beliau. 11. Nabi Dawud diampuni oleh ALLAH, 12. Syahidnya cucu kesayangan RASULULLAH, Al-Husein. Banyak banget kan? Logisnya gini, kalau kita mau ngasih surprise ke orang-orang yang terkasih pastinya kita akan memberikan nya di hari yang spesial, ya nggak? so rentetan peristiwa di atas menjadi bukti tak terbantah betapa mulianya hari Asyuro ini karena menjadi hari kemenangan bagi para Nabi. YANG SEBAIKNYA KITA LAKUKAN Dinukil dari sebagian afadhil (orang yang mempunyai keutamaan di sisi Allah), bahwa amal-amalan Hari ‘Asyuro itu ada 12: 1. Melakukan sholat sunnah di malam harinya, dan yang lebih utama melaksanakan Sholat Tasbih, 2. Berpuasa di tanggal 10 (Asyuro), Dahulu ketika RASULULLAH SAW datang ke Madinah beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa kemudian beliau menanyakan perihal latar belakang yang mendorong mereka berpuasa. Maka dijawablah bahwa di hari itulah ALLAH SWT menyelamatkan Nabi Musa maka Rasulullah SAW bersabda: فَأَنَا أَحَقُّ بِمُوسَى مِنْكُم.ْ فَصَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ “Aku lebih berhak untuk memperingati keselamatan Nabi Musa”, kemudian beliau pun puasa hari itu dan menyuruh kaum muslimin untuk berpuasa hari itu. Mengenai fadhilahnya RASULULLAH bersabada,صِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَاه مسلم 1162. “Puasa ‘Asyura aku memohon kepada Allah agar dapat menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR.Muslim no 1162). 3. Berpuasa tanggal 9 Muharrom (Tasyu’a), Rasulullah SAW menghendaki cara puasa orang muslim harus berbeda dengan cara orang Yahudi di hari Asyuro maka Rasulullah SAW bersabda: لَئِنْ بَقِيتُ إِلَى قَابِلٍ لأَصُومَنَّ التَّاسِعَ “Jika tahun depan aku masih ada maka pasti aku juga akan berpuasa tanggal 9” (HR.Bukhori dan Muslim) Namun sebelum Muharram berikutnya datang Rasulullah SAW wafat terlebih dahulu. Pun demikian ulama sepakat tentang kesunnahan di hari Tasyu’a ini karena walaupun Nabi belum pernah melaksanakan nya akan tetapi Beliau menyatakan niat yang serius untuk berpuasa di hari itu. 4. Memperbanyak sedekah, 5. Memberikan keluasan/melebihkan ( nafkah atau makanan atau yang lainnya) kepada keluarga, Berkaitan dengan hal ini salah seorang Mufti Al-Azhar menyampaikan riwayat hadis dari RASULULLAH SAW:ْ ﻭَﺳَّﻊَ ﻋَﻠَﻰ ﻋِﻴَﺎﻟِﻪِ ﻓِﻰ ﻳَﻮْﻡِ ﻋَﺎﺷُﻮْﺭَاءَ ﻭَﺳَّﻊَ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ اﻟﺴَّﻨَﺔَ ﻛُﻠَّاﻩ اﻟﻄﺒﺮاﻧﻰ ﻭاﻟﺒﻴﻬﻘﻰ ﻭﺃﺑﻮ اﻟﺸﻴﺦ، ﻭﻗﺎﻝ اﻟﺒﻴﻬﻘﻰ ﺇﻥ ﺃﺳﺎﻧﻴﺪﻩ ﻛﻠﻬﺎ ﺿﻌﻴﻔﺔ، ﻭﻟﻜﻦ ﺇﺫا ﺿﻢ ﺑﻌﻀﻬﺎ ﺇﻟﻰ ﺑﻌﺾ ﺃﻓﺎﺩ ﻗang siapa melapangkan nafkah kepada keluarganya di hari Asyuro maka Allah akan melapangkan rezeki baginya selama setaR ath-Thabrani, al-Baihaqi dan Abu Syekh. Al-Baihaqi berkata bahwa sanadnya keseluruhan adalah dlaif. Namun jika dikumpulkan dapat menguatkan hadis tersebut. 6. Mandi di pagi atau malam harinya, 7. Mengunjungi/berziaroh kepada orang alim yang sholeh (yang masih hidup ataupun yang sudah wafat), 8. Menjenguk orang sakit, 9. Mengusap kepala anak yatim, Seorang ulama terkemuka yang bernama Syekh Athiyah berkata: ﻭﺭﺃﻯ ﺑﻌﺾ اﻟﻤﻔﻜﺮﻳﻦ ﻌﻤﺬﻛﻮﺭﻳﻦ ﻓﻰ ﻫﺬا اﻟﺤﺪﻳﺚ ﻫﻢ ﻋﻴﺎﻝ اﻟﻠﻪ ﻭﻫﻢ اﻟﻔﻘﺮاء، ﻭﻫﻨﺎ ﺗﻈﻬﺮ اﻟﺤﻜﻤﺔ ﻓﻰ اﻟﺘﻮﺳﻌﺔ ﻣﻊ اﻟﺼﻴagian ulama menafsirkan bahwa al-Iyal dalam hadis diatas adalah orang-orang fakir. Penafsiran ini menjadi selaras dengan hikmah sedekah bersama anjuran puatawa al-Azhar 9/256) Dan hadis anjuran mengusap kepala anak yatim adalah, ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ «ﺃﻥ ﺭﺟﻼ ﺷﻜﺎ ﺇﻟﻰ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻗﺴﻮﺓ ﻗﻠﺒﻪ ﻓﻘﺎﻝ:ﺴﺢ ﺭﺃﺱ اﻟﻴﺘﻴﻢ ﻭﺃﻃﻌﻢ اﻟﻤﺴﻜﻴﻦ». ﺭﻭاﻩ ﺃﺣﻤﺪ، ﻭﺭﺟﺎﻟﻪ ﺭﺟﺎﻝ اﻟﺼﺤﻴﺢ. “Dari Abu Hurairah bahwa seseorang mengadu kepada Rasulullah perihal hatinya yang keras. Nabi bersabda:plah kepala anak yatim dan berilah makan orang mis Ahmad, para perawinya sahih. 10. Bercelak (afdholnya menggunakan celak istmid), 11. Memotong kuku, 12. Membaca Surat Al-Ikhlas 1000 kali, 13. Memperbanyak Silaturrohim, Seorang ‘ulama besar bernama Syekh Nawawi Al-Bantani yang juga pernah mejadi imam dan mufti besar di Masjidil Harom, beliau menerangkan dalam kitab Nihayatuz Zain bahwa dari amalan-amalan Hari Asyuro di atas hanya ada dua amalan yang secara khusus dicontohkan dalam hadits yaitu puasa (point ke 2,3) dan melapangkan rejeki kelurga (point ke 5). Adapun selain dua amalan tersebut, tidak ada dalil khusus dari hadits untuk diamalkan di Hari Asyuro akan tetapi merupakan amal sholeh yang banyak diamalkan ulama-ulama terdahulu. And the last, semoga catatan sederhana ini bermanfaat untuk kita semua sehingga Asyuro tidak lagi menjadi hari yang angker tapi justru menjadi hari mulia yang kita isi dengan kebaikan-kebaikan di dalamnya. Barangkali ada poin yang perlu diperjelas mari kita diskusikan di sini. Sebagaimana ALLOH banyak memberikan pertolongan kepada Hamba-NYA di hari Asyuro ini, semoga ALLOH pun akan senantiasa memberikan kita pertolongan dala setiap permasalahan hidup yang kita alami. Amiin ya robbal alamiin.. (repost dari tulisan Al-Ustadz Ajir Ubaidillah)

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-09-20

Keluarga Besar PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari mengucapkAMAT TAHUN BARU ISMuharram 1439 H.

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-09-20

CARA SERU MERAYAKAN TAHUN BARU Beberapa saat lagi kita akan meninggalkan tahun 1438 menuju 1439 Hijriyyah. Nabi mengajarkan kita untuk selalu menghargai dan mengisi waktu-waktu yang kita lalui dengan berbagai macam kebaikan. Lantas apa sajakah yang perlu kita perhatikan untuk menyambut pergantian tahun?? Berikut ini sekelumit catatan yang saya terjemahkan dari Kitab Kanzun Najah Was Surur karya ulama nusantara, As-Syeikh Abdul Hamid Bin Muhammad Ali Al-Qudsi. 1. MEMBACA DOA AKHIR DAN AWAL TAHUN Syaikh Allamah ad-Dairobi dalam fawaidnya menukilkan dari Allamah Jamaludiin Sibth Ibnu Jauzi dari Syaikh Umar bin Qudamah al Maqdisi mengenai doa awal tahun dan doa akhir tahun, beliau mengatakan: “Guru-guru kami selalu mewasiatkan untuk membaca doa ini, maka tidak pernah aku tinggalkan sepanjang hidupku”. 2. DOA AWAL TAHUN Al-Imam At-Thobroni menjelaskan, ﻋﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻫﺸﺎﻡ ﻗﺎﻝ: ﻛﺎﻥ ﺃﺻﺤﺎﺏ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻳﺘﻌﻠﻤﻮﻥ ﻫﺬا اﻟﺪﻋﺎء ﺇﺫا ﺩﺧﻠﺖ اﻟﺴﻨﺔ ﺃﻭ اﻟﺸﻬﺮ: اﻟﻠﻬﻢ! ﺃﺩﺧﻠﻪ ﻋﻠﻴﻨﺎ ﺑﺎﻷﻣﻦ ﻭاﻹﻳﻤﺎﻥ، ﻭاﻟﺴﻼﻣﺔ ﻭاﻹﺳﻼﻡ، ﻭﺭﺿﻮاﻥ ﻣﻦ اﻟﺮﺣﻤﻦ، ﻭﺟﻮاﺯ ﻣﻦ اﻟﺸﻴﻄﺎﻥ. رواه اﻟﻄﺒﺮاﻧﻲ ﻝ اﻟﻬﻴﺜﻤﻲ:ﻨﺎﺩﻩ ri Abdullah bin Hasyim, ia berkata bahwa para Sahabat Rasulullah shalallahu alaihi wasallam mempelajari doa berikut jika memasuki tahun atau bulAllah, masukan kami ke dalamnya dengan aman, iman, selamat dan Islam. Mendapatkan ridho Allah dan dijauhkan dari gangguan syeR Thabrani, Al Hafizh Al Haitsami menilai Hasan) 2. PUASA Bulan Muharram adalah bulan yang paling utama untuk berpuasa setelah Bulan Ramadhan. Para ulama mengatakan bahwa puasa yang paling utama setelah Bulan Ramadhan adalah puasa di Bulan Muharram, kemudian Rajab, kemudian Dzul Hijjah, kemudian Dzul Qo`dah kemudian Sya ban. Rasulullah SAW bersabda: أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ Paling utamanya puasa setelah Ramadhan adalah puasa di Bulan Allah yaitu Bulan Muharram. (HR Muslim) Bulan Muharram sangat utama sehingga dikatakan sebagai Syahrulloh (bulan Allah). Puasa di dalamnya juga sangat besar manfaatnya. Al-Imam Ibnu Hajar RA mengeluarkan hadits yang diriwayatkan oleh Sayidah Hafshoh RAH bahwa Nabi Saw bersabda: من صام آخر يوم من ذي الحجة وأوّل يوم من المحرّم جعله الله تعالى له كفارة خمسين سنة، وصوم يوم من المحرم بصوم ثلاثين يومًا Siapa yang berpuasa di akhir bulan Dzul Hijjah dan di awal Bulan Muharram maka Allah akan menjadikannya sebagai penebus dosa lima puluh tahun. Puasa satu hari di bulan Muharram sama dengan puasa tiga puluh hari. Imam Ghazali juga menuturkan dalam kitab Ihya sebuah Hadits Nabi SAW mengenai keutamaan puasa di Bulan Haram: من صام ثلاثة أيام من شهر حرام؛ الخميس والجمعة والسبت كتب الله تعالى له عبادة سبعمائة عام Siapa yang berpuasa tiga hari di bulan Haram yaitu hari Kamis, Jumat dan Sabtu maka Allah SWT akan menuliskan baginya ibadah selama 700 tahun. 3. BACAAN KETIKA MELIHAT HILAL Al-Imam Abu Daud menjelaskan, كان اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﺇﺫا ﺭﺃﻯ اﻟﻬﻼﻝ ﻗﺎﻝ: «ﻫﻼﻝ ﺧﻴﺮ ﻭﺭﺷﺪ، ﻫﻼﻝ ﺧﻴﺮ ﻭﺭﺷﺪ، ﻫﻼﻝ ﺧﻴﺮ ﻭﺭﺷﺪ، ﺁﻣﻨﺖ ﺑﺎﻟﺬﻱ ﺧﻠﻘﻚ» ﺛﻼﺙ ﻣﺮاﺕ، ﺛﻢ ﻳﻘﻮﻝ: «اﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ اﻟﺬﻱ ﺫﻫﺐ ﺑﺸﻬﺮ ﻛﺬا، ﻭﺟﺎء ﺑﺸﻬﺮ ﻛﺬا» Telah sampai pada Qatadah bahwa Nabi shalallahu alaihi wasallam jika melihat hilal, Nabi berdoa: bulan baik dan petunjuk pada ibadah. Ini bulan baik dan petunjuk pada ibadah. Ini bulan baik dan petunjuk pada ibadah. Aku beriman kepada Allah yang menciptakanemudian Nabi bersabda:hamdulillah, Allah telah membawa bulan ini dan Allah mendatangkan bulan yang lR Abu Dawud) Abu Dawud menilai tidak ada hadis sahih dalam masalah ini. Namun menurut Al Hafizh Al Haitsami dan gurunya Al Hafizh Al Iraqi serta ahli hadis Al Munawi, ada riwayat Thabrani lainnya yang sanadnya Hasan dalam masalah doa awal atau akhir bulan. Setelah membaca ini dianjurkan membaca surat Al Mulk, karena ada atsar di dalamnya dan karena surat itu adalah munjiyat wal waqiyat (menyelamatkan dan menjaga) *Bacaan di atas ini dibaca setiap kali melihat hilal pada setiap bulannya. Termasuk malam pertama bulan Muharram. 4. DOA AWAL MUHARROM Termasuk amal yang sangat besar faidahnya di awal Muharram adalah membaca Ayat Kursi sebanyak 360 kali, dengan membaca basmalah terlebih dahulu setiap kali membaca Ayat Kursi. Setelah selesai dibaca sebanyak itu maka berdoa: اللّهُمَّ يَا مُحَوِّلَ الأَحْوَالِ حَوِّلْ حَالِيْ إِلَى أَحْسَنِ الأَحْوَالِ بِحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ يَا عَزِيْزُ يَا مُتَعَال، وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلّAllah, Dzat yang membolak-balikkan keadaaan. Ubahlah keadaan-Ku kepada keadaan terbaik dengan daya dan kekuatan-Mu. Wahai Yang Maha Unggul, wahai Yang Maha Tinggi. Dan semoga Allah SWT melimpahkan shalawat serta salam kepada junjungan kami Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya. 5. MENULIS BASMALAH Di antara faidah yang telah teruji kebenarannya sebagaimana disebutkan dalam Kitab Naat Bidayat bahwa siapa yang menulis basmalah (بسم الله الرحمن الرحيم dengan tulisan yang jelas sehingga bulatan mim terlihat) di hari pertama bulan Muharam sebanyak 113 kali maka yang membawa tulisan itu tidak akan mendapati hal yang tidak ia sukai, tidak pula keluarganya sepanjang hidup. Jika ia bertemu pejabat zalim maka ia akan aman dari kejahatannya wallahu a`lam mengenai rahasianya. Semoga catatan sederhana ini bermanfaat untuk setiap pembacanya, sehingga kita bisa melewati dan memaknai bergantinya tahun dengan berbagai macam kebaikan. Selamat Tahun Baru 1439 Hijriyyah, semoga bertambahnya tahun akan menjadi simbol bertambahnya segala kebaikan untuk diri kita, keluarga dan lingkungan serta bangsa kita. Amiin Ya Robbal Alamiin. (repost dari tulisan al-Ustadz Ajir Ubaidillah)

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-09-06

Film Dokumenter Air Minum ABSM, Produksi Pondok Pesantren Salafiyah AL-IKHLAS Langgongsari.

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-09-01

Keluarga besar PP. Salafiyah AL-IKHLAS Langgongsari mengucapkamat Hari Raya Idul A Dzulhijjah 1438 H / 1 September 2017 M.

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-08-24

Perlu ada empat unsur yang harus dipenuhi apabila ingin negeri ini menjadi negeri yang maju, negeri yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofuur.. Apa saja kah itu? Simak ceramah KH. Abdul Mu in berikut!

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-06-24

Allaahu akbar.. Allaahu Akbar.. Allaahu Akbar.. Laa ilaaha illaLLAAHu Allaahu Akbar.. Allaahu Akbar wa liLLAAHil hamd.. TaqabbalaLLAAHu minnaa wa minkum taqabbal Yaa Kariem, Ja alanaLLAAHu wa iyyakum minal aaidziin wal faaiziin, aamiin... Kami, Keluarga Besar PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari mengucapkAMAT HARI RAYA IDUL FISyawal 1438 H / 25 Juni 2017 M. Sudah barang tentu, dalam satu tahun ini kami para santri memiliki banyak kesalahan dan kekhilafan terhadap saudara, maka dari itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Apabila saudara memiliki salah atau khilaf terhadap kami, insyaAllah kami telah membuka pintu maaf yang selebar-lebarnya, lahir dan batin. Dengan ini, semoga kita kembali ke fitri, menjadi seorang muslim yang suci dari dosa, seorang muslim yang mampu menjaga ibadah bulan Ramadhan dengan istiqomah sampai Ramadhan berikutnya, sehingga Allah swt senantiasa meridloi kita sekalian. aamiin~

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-06-11

Keluarga Besar PP. Salafiyah AL-IKHLAS Langgongsari mengucapkan Selamat MemperingaAM NUZULUL QUR Ramadhan 1438 H.

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-05-27

Marhaban Yaa Ramadhan, Marhaban Syahrash Shiyam, Marhaban Yaa Ramadhan, Marhaban Syahral Qiyam.. Telah datang tamu agung kepada kita, Yang Mulia Bulan Suci Ramadhan, Syahrul Mubarok, Syahrul Maghfiroh, Syahrun Nuzulul Qur an.. Saudara-saudara se-iman dan se-islam, Kami, keluarga besar PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari mengucapkan,amat Menunaikan Ibadah-Ibadah di Bulan Suci Ramademoga kita senantiasa mendapatkan keberkahan bulan ini, dan semoga Allah swt selalu memberi kita kekuatan lahir & batin, untuk dapat melaksanakan amaliyah-amaliyah dengan khusyu & lebih baik, sehingga ibadah-ibadah kita diterima oleh Allah swt. Aamien.

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-05-05

Hadirilah!!! PENGAJIAN AKBAR Haflah Attasyakur lil Ikhtitam ke-16, Pondok Pesantren Salafiyah Putra-Putri AL-IKHLAS, (Langgongsari RT 03/RW 03, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas). diisi oleh: 1. Gus Hakim bin Abdul Malik Al-Qoniy, pengasuh Pon.Pes. Minhajut Thullab, Muncar - Banyuwangi, Jawa Timur 2. Gus Abdul Jalil bin Thoyyib Assa id, pengasuh Pon.Pes. Al-Ittihadut Thoyyib, Gebog -Kudus, Jawa Tengah. Sabtu Malam Ahad, 13 Mei 2017 M / 17 Sya ban 1438 H. Pukul 20.00 s/d selesai.

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-04-23

.. Selamat Memperingati.. Malam Peristiwa Mukjizat A` wa MI Nabi Muhammad SAW, ::Malam turunnya titah Sholat Fardlu 5 Waktu:: (27 Rajab 1 SH - 27 Rajab 1438 H) Sebuah tanda dari sebagian kecil KEBESARAN ALLAH SWT. Monggoh sedherek Umat Islam sami nglampahi fadhilah, di malam yang penuh kemuliaan ini, kita laksanakan Sholat Isra` Mi raj, diniatkan dengan Sholat Sunnah Mutlaq 2 rakaat, setiap rakaat baca Surat 1x Al-Faatihah dan 20x Al-Ikhlaash. Usai salam, baca 10x Shalawat Nabi, lalu panjatkan hajat kita kepada Allah SWT. Esok harinya, Senin, 24 April 2017, jangan lupa niatkan puasa sunnah. Saudaraku, dengan kemuliaan peristiwa mukjizat Nabi Muhammad SAW, mari kita ambil hikmahnya, berusaha meningkatkan ibadah, terutama Sholat Fardlu 5 waktu. Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya, jangan sampai ada yang terlewatkan satu pun! Khususnya bagi yang tidak berhalangan, dirikanlah sholat fardlu awal waktu, syukur dengan berjama ah. Sembahyang kanthi jejeg, mantep ngadhep marang Gusti Pangeran Kang Moho Agung. Semoga Allah SWT senantiasa memberi kita pertolongan dan kekuatan, agar bisa melaksanakan perintah-perintah-Nya dengan baik, dan semoga kita dijaga dari segala perkara yang buruk, amin.. F.A.

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-04-10

Assalamu alaikum Wr. Wb. Diberitahukan kepada seluruh Jam iyyah PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari, bahwa pada tahun ini, acara Peringatan Khaul Sunan Ampel Surabaya diajukan sepekan, sehingga berimbas pada acara Peringatan Khaul Sunan Bonang Tuban yang diundur sepekan, dan ternyata berbenturan dengan acara Haflah Akhirussanah PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari. Oleh karena itu, Al-Mukarom Al-Ustadz Habib Alwi bin Ahmad Asseqaf Tuban, yang dijadwalkan akan berada di PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari selama tiga hari untuk mengisi Acara Haflah Akhirussanah terpaksa dibatalkan, karena beliau terlibat dalam acara Khaul Sunan Bonang Tuban, sekaligus sebagai wujud penghormatan terhadap salah satu sesepuh walisongo tersebut, di mana maqamnya adalah tetangga beliau sendiri. Maka sebagai badalnya, Haflah Akhirussanah tahun ini insyaAllah akan diisi oleh Al-Mukarom Romo KH. Abdul Hakim (Gus Hakim), Pengasuh Pon.Pes. Minhajut Thalib Banyuwangi, Jawa Timur. Monggoh sami dirawuhi acaranipun; Jum at-Sabtu, 12-13 Mei 2017 M / 16-17 Sya ban 1438 H. Demikian pemberitahuan ini untuk diperhatikan. Mohon maaf atas perubahan yang terjadi, kami harap maklum. Sekian dan terima kasih. JazanaLLAH akhsanal jaza , Wassalamu alaikum Wr. Wb.

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-04-09

Kami, keluarga besar PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari, mengucapkan, Selamat & Sukses! Untuk PWNU Jawa Timur yang hari ini menggelar Momen Istighotsah Kubro di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Tahlilan akbar yang diikuti oleh sekitar 500 ribu warga Nahdliyin. Dengan tema bertajgetuk pintu langit, menggapai NURULalam rangka memperingati HARLAH NU yang ke-94 tahun, dalam penanggalan Hijriyah. Semoga segala hajat yang dipanjatkan semuanya dikabulkan ALLAH Azza wa Jalla. Amin..

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-03-17

Lautan manusia tak terbendung lagi memenuhi kompleks Masjid Pon.Pes. Al-Hikam Depok bersama sejumlah tokoh bangsa, turut serta mensholati dan memberikan penghormatan terakhir kepada mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama. Innaa lillaahi wa inna ilaihi raaji uun,, kami segenap keluarga besar PP. Salafiyah AL-IKHLAS Langgongsari turut berduka cita atas berpulangnya ke rahmatullah, Al-Mukarom Al-Maghfurllah Syaikhona KH. AHMAD HASYIM MUZADI Rahimahullah, dalam usia 72 tahun. SELAMAT JALAN KYAI. Tuban, 8 Agustus 1944 - Malang, 16 Maret 2017. Beliau sebagai mantan Ketua Tanfidziyah PBNU 1999-2010 tentu memiliki jasa yang begitu besar terhadap Umat Islam, khususnya warga Nahdliyin. Di kancah internasional, beliau sangat berperan dalam usaha membangun citra Islam yang rahmatan lil alamin di mata dunia, mengingat semakin maraknya pandangan negatif karena gencarnya gerakan-gerakan radikal yang mengatasnamakan Islam. Beliau juga memiliki peran penting dalam pergerakan politik nasional di Indonesia yang tidak diragukan lagi. Kini, beliau telah tiada. Sumbangsihnya terhadap umat, bangsa, dan negara ini adalah peninggalan yang mulia dari beliau, yang wajib kita jaga. Doa kami mengiringimu Kyai. Semoga Al-Mukarom Al-Maghfurllah KH. AHMAD HASYIM MUZADI Rahimahullah diberi Khusnul Khothimah. Allahummaghfirlahu warhamhu wa afihi wa fu anhu, wa laa tahrimnaa ajrohu wa laa taftinna ba dahu waghfirlanaa wa lahu, aamiin. Al-Faatihah..

@PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 2017-02-25

HAFLAH ATTASYAKUR LIL IKHTITAM KE-16, Pondok Pesantren Salafiyah Putra-Putri Al-Ikhlas Langgongsari, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas. Rangkaian Acara : 1. Dzikir Malam Nishfu Sya’ban Hari, Tanggal : Kamis, 11 Mei 2017 / 15 Sya’ban 1438 H Waktu : Pukul 18.00 WIB (ba’da Maghrib) s/d selesai Imam : Al-Mukarom Romo KH. Abdul Mu’in (Pengasuh PP. Al-Ikhlas Langgongsari) Tempat : Masjid Al-Ikhlas Langgongsari 2. Mukhafadzoh Lailatul Imtihan Hari, Tanggal : Jum’at, 12 Mei 2017 / 16 Sya’ban 1438 H Waktu : Pukul 20.00 WIB (ba’da Isya) s/d selesai Pengisi : Santri Madrasah Diniyah Masyarakat dan Santriwan Santriwati Mukim Pon.Pes. Al-Ikhlas Langgongsari Pembicara : Al-Mukarom Romo KH. Abdul Mu in (Pengasuh PP. Al-Ikhlas Langgongsari) Tempat : Kompleks PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari 3. Pengajian Akbar Haflah Akhirussanah Hari, Tanggal : Sabtu, 13 Mei 2017 / 17 Sya’ban 1438 H Waktu : Pukul 20.00 WIB (ba’da Isya) s/d selesai Da’i : 1. Al-Mukarom Romo KH. Abdul Hakim bin Abdul Malik Al-Qoniy (Muncar - Banyuwangi, Jawa Timur) 2. Al-Mukarom Syeikh Abdul Jalil bin Thoyyib Assa’id (Gebog - Kudus, Jawa Tengah) Tempat : Kompleks PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari.


See more learning institutes near Cideng

About

حياة الفتى والله بالعلم والتقى

Description

1. Jawaban ilmiah atas beberapa statemen ambigu, dishare dari tulisan Al-Ustadz Gus Ajir Ubaidillah, melalui kajipirasi IS. Kegiatan PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari dikelola oleh admin. 3. Artikel Islami lainnya dishare dari sumber yang bertanggungjawab.

Mission

Berjuang, Belajar, dan Bertaqwa

Founded

PP. Salafiyah Al-Ikhlas Langgongsari was founded in 16 Sya ban 1422 H

Products

1. Produk MakanMA NInerima pesanan Cake, Roti, Snak, Nasi Box, Rames, dsb. olahan santri putri. 2. Produk Air Minnerima pengisian galon, olahan santri putra.


Suggestions


Privacy Policy